Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan PT. Anala Cakra Energi

Authors

  • Dhiniswara Prasetya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Erry Sunarya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sopyan Saori Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1301

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emoional dan kecerdasan intelektual terhadap kinerja karyawan PT. Anala Cakra Energi, perusahaan ini didirikan pada tahun 2018 sebagai salah satu perusahaan swasta di Sukabumi, peruahaan ini bergerak di bidang manufaktur yang mengolah serbuk kayu keras menjadi pelet kayu. Penelitian ini didasari dengan dengan adanya suatu permasalahan yang dihadapi yaitu pada kinerja karyawan. Tujuan dalam permasalahan ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Adapun sampel ada pada perusahaan ini berjumlah 33 orang karyawan dengan menggunakan sampling jenuh. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala semantik diferensial dengan teknik analisis penelitian menggunakan uji validitas dan realibitas, regresi linear berganda, uji normalitas, uji gabungan (uji-t) dan uji parsial (uji-f) pada kedua variabel bebas yang diteliti menentukan seberapa besar pengaruh variabel.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kinerja Karyawan

References

Akimas, H. N., & Bachri, A. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Kinerja Pegawai Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Wawasan Manajemen, 4(3), 259-272.

Choiriah, A. (2013). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan etika profesi terhadap kinerja auditor dalam kantor akuntan publik. Jurnal Akuntansi, 1(1).

Ginting, Immanuel M., TryA Bangun, DavinV Munthe, and Sumiati Sihombing. (2019). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT PLN (Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara). Jurnal Manajemen 5:35–44.

Mandala, Erlangga Arya, and Faresti Nurdiana Dihan. (2018). Spiritual Pada Kepuasan Kerja Yang Berdampak Terhadap Kinerja Karyawan Pt . Madu Baru. Jurnal Kajian Bisnis 26(1):13–28.

Mamangkey, L. A., Tewal, B., & Trang, I. (2018). Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan sosial (SQ) terhadap kinerja karyawan kantor wilayah bank bri manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Muhammad, Adji Suradji. (2016). Perilaku Organisasi.

Putri, Y. S. (2016). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pt. pln persero area klaten. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1), 88-97.

Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98-107.

Rahmasari, Lisda. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Kapabilitas Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Olahan Ikan Di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset 23(1):21–30. doi: 10.37470/1.23.1.174.

sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Wijaya, C. A. (2014). Analisa Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel “X”. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2(1), 271-288.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Prasetya, D., Sunarya, E., & Saori, S. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan PT. Anala Cakra Energi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 309–314. https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1301