Pengaruh Kapabilitas Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Delen Alifian Noviansyah Universitas Muhammaddiyah Sukabumi
  • Erry Sunarya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1228

Keywords:

kapabilitas pemasaran, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing

Abstract

Tujuan berdasarkan penelitian ini merupakan untuk menganalisis dan menghitung pengaruh variabel marketability dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Peneliti memakai pendekatan kuantitatif menggunakan memakai metode naratif  & asosiatif sample yang digunakan sebagai populasi dalam penelitian ini adalah UMKM keripik/lantak pisang kota Sukabumi, sampel keseluruhan 31 UKM keripik pisang/lantak kota Sukabumi dengan kriteria yang ditentukan, non-probabilistik atau menggunakan teknik sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, uji kepastian, dan uji hipotesis parsial (uji-t) yang dikombinasikan dengan uji-F. Hasil berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel 'marketability' berpengaruh positif signifikan terhadap variabel 'competitive advantage' dan variabel 'product innovation' berpengaruh signifikan terhadap variabel 'competitive advantage'. menunjukkan. ". Berdasarkan hasil Uji-F, kemampuan memasarkan dan mentransformasikan produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing.

Kata Kunci: Kapabilitas Pemasaran, Inovasi Produk,Keunggulan Bersaing

References

Alwi, Taufik, and Esti Handayani. (2018). Keunggulan Bersaing Ukm Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. 20(03) : 193–202.

Claudya, Marissa, Wan Suryani, and Tohap Parulian. (2020). Pengaruh Sistem Pemasaran Kewirausahaan Terhadap Systems For Competitive Advantages And Innovations In.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis ( JIMBI ). 1(2) : 8-18.

Dalimunthe, Muhammad Bukhori. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen 3(1), 18–31.

Elwisam, Elwisam, and Rahayu Lestari. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Keunggulan bersaing Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(2), 277–86.

Hasim. (2017). Manajemen Strategik Pusdai Jawa Barat Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah.”

Hatta, Iha Haryani. (2014). Analisis Pengaruh Inovasi, Pengambilan Resiko, Otonomi, Dan Reaksi Proaktif Terhadap Kapabilitas Pemasaran Ukm Kuliner Daerah Di Jabodetabek.” Jurnal Manajemen Pemasaran. 8(2), 90–96.

LIU. (2020). Analisis Struktur Kovarians Indeks Terkait Kesehatan untuk Lansia di Rumah, Berfokus pada Perasaan Subyektif KesehatanTitle. 151–56.

MAS’ARI, AHMAD, Muhammad Ihsan Hamdy, and Mila Dinda Safira. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) Pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri 5(2) :79.

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Ampak Pandemik Covid-19 Terhadap Profitabilitas Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Makassa. 7.

Novianto, Efri. (2019). Manajemen Strategi.

Rahmasari, Lisda. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Kapabilitas Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Olahan Ikan Di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset 23(1) : 21–30. doi: 10.37470/1.23.1.174.

Shidiq, Umar, and Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. 53.

Sopandi, Encep. (2017). Analisis Keunikan Sumberdaya Dan Strategi Keunggulan Bersaing Produk Kreatif Bambu (Studi Pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat). Journal of Management and Business Review 14(2) : 176–205. doi: 10.34149/jmbr.v14i2.92.

Suparnoh, Suparnoh, Andrea Permana, Taim, and Ari Santoso. (2021). Peran Lama Usaha Dalam Memoderasi Pengaruh Kapabilitas Komunikasi Sosial Media Terhadap Kinerja Pemasaran.” MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan 1(1) : 79–90. doi: 10.37366/master.v1i1.159.

Yanuarti, Dewi Wahyu. (2018). Edited with the Trial Version Of.”

Yunus, Eddy. (2016). Manajemen Strategis.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang,G.H., Leong, S.M., Tan, C.T., dan Tse, D.K. (2005). Principles of Marketing: An Asian Perspective. Pearson Prentice Hall, Singapore. Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123. https://doi.org/10.15294/jeec.v6i2.19297

Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Taufiqurahman. (2019). Manajemen Stratejik. https://doi.org/10.31227/osf.io/gj9de

Aribawa, D. (2014). Biomechanical strength analysis of mini anchors for the temporomandibular joint. Oral and Maxillofacial Surgery, 18(4), 425–430. https://doi.org/10.1007/s10006-013-0431-4

Ariani, A., & Utomo, M. N. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017

Kotler, K. (2013). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga

Maesaroh, A. (2020). Guna Meningkatkan Kinerja Pemasaran ( Studi Kasus Pada Batik Pringmas , Desa Papringan , Banyumas ). Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Maryani, L., & Chaniago, H. (2019). Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri Fashion. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(1), 48. https://doi.org/10.35697/jrbi.v5i1.1615

Oscarius. (2020). Strategi Manajemen (Andriyanto (ed.)). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=5MTfDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=kinerja+pemasaran&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Suciati, F. S., Danial, R. D. M., & Ramdan, A. M. (2020). Kapabilitas Pemasaran dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 39. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v8i1.24419

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmawati, H. (2020). Manajemen strategik dalam meningkatkan daya saing madrasah aliyah negeri 2 kota jambi. In Endocrine (Vol. 1, Issue 1). Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sulistiya. (2017). Kinerja pemasaran dapat dinyatakan melalui tiga dimensi yang dapat dijelaskan seperti dibawah. Universitas Katolik Parahyangan.

Susanto, F. M. (2019). Kapabilitas pemasaran Dan Diversifikasi Produk Terhadap

Abdurrahman, M. S. (2015). Penerapan Inovasi Kewirausahaan Bagi Bisnis Komunikasi Pemula?: Studi Kasus Strategi Bisnis Di Pt Edu Media Komunika Entrepreneurship Innovation Implementation For New Communication Business Corporation?: Case Study Of Edu Media Komunika ’ S Business Stra. Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 16(1), 11–12.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. JURNAL ILMIAH MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 702–714. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/download/571/248

Indriayu, M., & Wardani, D. K. (2015). Pengembangan Inovasi Produk Dan Pengadministrasian. Economics Development Analysis Journal, 4, 50–57.

Jaelani, M. M. H. (2021). Kapabilitas inovasi dalam melakukan kapabilitas pemasaran untuk meningkatkan keunggulan bersaing pada masa covid-19. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Kurniawan, G. (2019). Analisis Kinerja Pemasaran Produk Pt Artois Pharma. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 4(2), 108–124. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.61

Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–11.

Sutandi, S., Vikaliana, R., Hidayat, Y. R., & Evitha, Y. (2020). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM melalui “UMKM Naik Kelas” Pada UMKM di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusa. Jurnal Komunitas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 159–163. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.740

Zaricha, F. (2018). Pengaruh pengetahuan pemasaran, orientasi pasar, dan kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro kecil menengah UMKM di Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Noviansyah, D. A., Sunarya, E., & Komariah, K. (2022). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 124–133. https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1228