Analisis Website Quality Terhadap Purchase Intention Melalui E-trust Pada Website Thanksinsomnia

Authors

  • Bagus Muhammad Guntur Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nor Norisanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v4i3.1834

Keywords:

Kualitas Website, Kepercayaan Elektronik, Minat Beli

Abstract

Di era ini produk fashion lokal memang sedang booming karena dengan ada nya gerakan localpride yang digerakan oleh para pebisnis fashion lokal Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa produk fashion lokal Indonesia itu tidak kalah berkualitas dengan produk fashion import. Terlebih dengan kemajuan teknologi memudahkan masyarakat untuk melakukan proses jual beli secara digital seperti dengan bantuan e-commerce dan website. Semakin banyak produk fashion lokal yang bermunculan di tanah air membuat daya saing antar brand fashion semakin tinggi. Sehingga Thanksinsomnia sebagai salah satu brand fashion lokal tidak selalu menjadi pilihan utama masyarakat dalam menggunakan produk fashion yang berimbas pada menurunnya minat transaksional konsumen terhadap produk Thanksinsomnia. Tujuan studi ini adalah untuk memastikan bagaimana kualitas situs web dan mediasi e-trust memengaruhi niat pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif sebagai strategi penelitian utamanya. Metode sampling probabilitas adalah pendekatan sampel yang digunakan, dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 395 mahasiswa di Kota Sukabumi. Teknik analisiss data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS versi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Thanksinsomnia telah berhasil membangun website quality, e-trust, dan purchase intention yang baik di mata para konsumen. Website quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust sebesar 42,667, e-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention sebesar 8,174 dan e-trust memediasi hubungan antara website quality terhadap purchase intention sebesar 7,876. Maka dapat disimpulkan bahwa e-trust berperan sebagai mediator hubungan antara webiste quality terhadap purchase intention.                         

References

A, T. D. C., Riffi, A., & Hakim, A. (2021). Konten Digital Marketing Pada Website Thanksinsomnia.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 (7th ed.) Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indana, L., & Andjarwati, A. L. (2021). Website Quality, Brand Image, dan E-WOM serta Pengaruhnya terhadap Online Purchase Intention Studi Pengunjung Website Berrybenka. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 536. https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p536-546

Kurniawan, R., Kusumawati, A., & Priambada, S. (2018). Kepercayaan dan Dampaknya pada Keputusan pembelian online pada Website E-Commerce( Studi pada Konsumen PT . B ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1), 198–206. E-COMMERCE

Kusuma, L., Rejeki, S., Robiyanto, R., & Irviana, L. (2020). Reputation system of c2c e-commerce, buying interest and trust. Business: Theory and Practice, 21(1), 314–321. https://doi.org/10.3846/btp.2020.11559

Muhammad, F. A., & Husna, K. (2020). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Website, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tokopedia. Com. Academica: Journal of …, 4(01), 117–132. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/3159

Octavia, D., & Tamerlane, A. (2017). The Influence of Website Quality on Online Purchase Intentions on Agoda.Com with E-Trust as a Mediator. Binus Business Review, 8(1), 9. https://doi.org/10.21512/bbr.v8i1.1680

Panjaitan, SE, Ak, M. R. (2019). Manajemen Pemasaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Semuel, H., & Battista, G. (2020). Pengaruh Website Quality (Webqual) Terhadap Purchase Intention Dan Etrust Sebagai Mediasi Pada Legendabatik. Com. Jurnal Strategi Pemasaran. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10077.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Guntur, B. M., Komariah, K., & Norisanti, N. (2023). Analisis Website Quality Terhadap Purchase Intention Melalui E-trust Pada Website Thanksinsomnia. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1988–1994. https://doi.org/10.37385/msej.v4i3.1834