PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOLABORASI DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALY (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI SMP

Lisnawati, Deswina and Balkist, Pujia Siti and Setiani, Ana (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOLABORASI DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALY (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI SMP. utile: Jurnal Kependidikan, 8 (1). pp. 30-39. ISSN 2599-1124

[img] Text
1633

Download (26kB)

Abstract

Siswa banyak yang kesulitan memahami pelajaran matematika, melihat fenomena tersebut maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan kemampuan pemahaman belajar matematika siswa di SMP. Perlu adanya bahan ajar yang mampu membantu permasalahan tersebut, dengan adanya Lembar Kerja Siswa yang peneliti buat berbasis kolaborasi yang dikembangkan guna membangun rasa tanggung jawab dalam diri siswa sehingga pemahaman konsep dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kolaborasi dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually) pada siswa SMP. Pengembangan bahan ajar ini mengikuti prosedur pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu : (1) Analisis, (2) desain, (3) development/pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Tahap Awal penelitian dilakukan sampai tahap pengembangan. Akhir dari tahapan pengembangan adalah melakukan validasi terhadap LKS.Nilai hasil uji validasi melalui penilaian oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase 90%. Hasil tersebut menujukan bahwa LKS berbasis kolaborasi dengan model TAI pada pelajaran matematika valid.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Team Assisted Individualy (TAI), Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:54
Last Modified: 12 Jul 2023 06:54
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item