Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar

  • Adinda Sri Puspita sari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arsyi Rizqia Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Keaktifan, Matematika, Media Rainbow Board

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas II dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pembelajaran berlangsung terlihat sebagian besar siswa kurang aktif, tidak berani mengajukan pertanyaan kepada guru, tidak berani menjawab pertanyaan yang diberikan guru, serta sebagian besar siswa pada saat berdiskusi kurang aktif atau hanya cenderung diam saja. Selain itu pada saat melakukan obsevasi, kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan media Rainbow Board di sekolah dasar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, yang juga mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart yang membutuhkan beberapa siklus hingga penelitian dinyatakan berhasil. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cibitung dengan partisipan sebanyak 29 siswa kelas II yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan belajar siswa tersebut dicapai melalui dua siklus dan menunjukkan bahwa penggunaan media Rainbow Board dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual. PENERBIT YRAMA WIDYA.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); edisi revi). PT Rajagrafindo Persada.

Asrori. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. CV. Pena Persada.

Chan, Faizal. Sofwan, Muhammad. & Putri, N. D. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakn Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 57–72. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.675

Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Raja Grafindo Persada.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751

Hariyanto, W. &. (2017). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen (Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.

Hulwani, A. Z., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2255–2269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.717

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Prihantono, G., Khaq, M., & Anjarini, T. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar menggunakan Papan Berpaku untuk Kelas IV. 2(2), 151–158.

Putri, N. Y., & Firmansyah, D. (2020). Hubungan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sisiomadika, 2(Ia), 133–136.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Safitri, D., & Rahmawati, I. (2018). Pengambangan Media Find Me Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Ganjil Genap Untuk Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 777–786.

Sani, R. A. & S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru (Edisi Revi). Tsmart Printing.

Sriyanti, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Berbasis Ayat-
Ayat Al- Qur ’ an Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Bilangan. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1558–1567.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Cetakan ke). Alfabeta, cv.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian (Cetakan I). PT. PUSTAKA BARU.

Yanti, N., Sofiyan, Ramadhani, D., & Putra, dan A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Skala Kelas V SD Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran 2019/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 90–102. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/2442.
Published
2022-10-30
How to Cite
Puspita sari, A., Amalia, A., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3251-3265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1687
Share |