UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI MEDIA SPECIMEN HERBARIUM KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ane Fitrya Widjaya universitas muhammadiyah sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v9i1.1672

Keywords:

Media Specimen, herbarium , minat belajar ipa, sekolah dasar

Abstract

Dalam materi pelajaran IPA begitu luas sehingga anak sulit untuk berfikir kritis dan kreatif .Anak usia sekolah dasar dalam berfikir belum formal karena anak pada usia tersebut maesih ada pada tahap operasional konkret.sebagian besar mereka kurang afetif dalam kontektual baru yang berbeda yang di contohkan. Dan penelitian ini di lakukan untuk meningkatkan minat belajar IPA terhadap     

struktur bagian tumbuhan dan fungsinya melalui media specimen herbarium. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan  model desain Kemmis dan Taggart. Melalui 2 siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Partisipan penelitian adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 17 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa, pada kegiatan pra siklus memperoleh persentase rata-rata 52,94% dengan kategori rendah, pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 64,11% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus II memperoleh persentase rata-rata 78,82% dengan kategori sangat baik sedangkan aktivitas guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 29,41% dengan kategori Kurang, siklus II memperoleh nilai 100% dengan sangat baik dan aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 29,41% dengan kategori kurang, siklus II memperoleh nilai 100% dengan sangat baik. Data tersebut menunjukan bahwa penerpan media specimen dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap struktur bagian tumbuhan dan fungsinya kelas IV di kecamatan jampang kulon

References

Aiken. (Ginting,2005). Minat sebagai kesuksesan terhadap kegiatan melebihi kegiatan lainnya.

Awe,E.Y.,&Benge,K.(2017) .Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Jurnal of Education Teknology,1 (4),231.

Dikrullah et.,2018,herbarium merupakan koleksi tumbuhan yang telah di keringkan di susun pada sebuah serta di berikan keterangan terkait spesimen.

Djaali.H. (2006). Psikologi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.

Roestiyah.2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fransisca,I.,& Mintohari. (2018).Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Berbasis Sparkol Vidioscribe Pada Pembelajaran IPA Dalam Materi Tata Surya Kelas VI SD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,6 (11),1916-1927.

Grafura, Lubis. 2012. Metode dan Strategi Pembelajaran yang Unik. Jakarta:Ar-Ruzz Media.

Hewi,L.,&Shaleh,M.(2020),Refleksi Hasil PISA (2018) The Programme For International Studen Assesmen):Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidkan Anak Usia Dini.Jurnal Golden Age,4 (01),30-41.

Husain et al.,2019,herbarium akan mendorong siswa untuk semakin berkreasi terhadap jenis jenis tumbuhan.

Karina,R.M.,Syfrina,a.,&Habibah,S.(2017). Hubungan Antar Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelas v Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar,2 (1),61-77.

Lusidawaty,v.,Fitria,y., Mias,y.,& Zikri,A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sain Dan motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,4(1),168-174.

Machatii (Sandjaja 2005,Minat merupakan motivator yang kuat untuk melakukan suatu aktivitas.

Prananda,G., Saputra,R.,& Ricky,Z.(2020). Meningkatkan Hasil Belajar Mengguanakan Media Lagu Anak dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA8(2),304-314.

Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Radyuli & Rahmat (2017).Semakin Tinggi Minat siswa,maka Semakin tinggi pula hasi belajar siswa.

Riwahyudi,a.(2015).Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1),11.

Safitri,Y.a., Baedowi,S.,& setianingsih,e.s.(2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karater Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV.MIMBAR PGSD

Downloads

Published

2023-06-27
Abstract viewed = 10 times