PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI SUKABUMI

Nurmeta, Irna Khaleda and Purwanto, Dwi and Sutisnawati, Astri (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI SUKABUMI. utile: Jurnal Kependidikan, 8 (2). pp. 82-87. ISSN 2599-1124

[img] Text
1664

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Dengan 2 siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai pengetahuan mata pelajaran IPA pada kegiatan pra siklus memperoleh persentase rata-rata 37,50% dengan kategori rendah, pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 62,50% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus II memperoleh persentase rata-rata 80,06% dengan kategori baik sedangkan aktivitas guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 80% dengan kategori baik, siklus II memperoleh nilai 91% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,50% dengan kategori cukup baik, siklus II memperoleh nilai 80,60% dengan kategori baik. Data tersebut menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV di Sukabumi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:52
Last Modified: 07 Jul 2023 04:52
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item