Pengembangan Video Pembelajaran Desain Interior Kelas X Jurusan Gambar di SMKN Bakalang

  • Nuraini Ela Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Isma Nastiti Maharani
  • Dadan Rahmat Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

The research that was conducted at the Akanang Vocational High School was because the school lacked learning media that could support learning, the main purpose of the research was to produce a media product in the form of a learning video that became a student learning companion. research and development Research and Development (R&D) is a research method used to produce certain products and test the effectiveness of these products (Sugiyono, 2014). Research and development is used for the development and verification process of research products (Borg and Gall 1983). The results of research and development are developing and producing products in the form of learning videos, as well as determining the feasibility of the products being developed, which produces media in the form of learning videos Mp4 files, with material experts, media experts, students X images as users. The final result of the developed product assessment obtained a score of 58 percentage 95% with the category "very feasible" by, media experts, getting a score of 69 percentage 96% with the category "very decent" by, material experts, and getting a score of 42 percentage 95% by student X Thus, the learning media product is said to be very feasible to be used as a learning companion media.

References

Abdul Wahid. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar, Istiqra.

Agustini1, Jero Gede Ngarti. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran.

Arsyad. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Cahyani Amildah Citra. 2020. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran BerbasisGame Edukasi QuizizzTerhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMKKetintang Surabaya. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Ching, D.K. 2002. Architectural Graphics : John Wiley & Sons. United Kingdom

Dedy Yusuf Aditya. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP.

Hermawan Budi Santoso, Subagyo. 2017. Peningkatan aktifitas dan hasil belajar dengan Metode problem basic learning (pbl) pada mata pelajaran tune up Motor bensin Jurnal, Taman Vokasi

Humaira, Sardinah, M. Nasir Yusuf. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerangka Manusia Melalui Media Kerangka Manusia Dan Media Gambar Siswa Kelas Iv Sdn Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar

Implementasi Kurikulum 2013 (K-13).

Ina Magdalena1 , Alif Fatakhatus dkk. 2021. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi Jurnal Edukasi dan Sains

Intan Nur Tunggadewi. 2018. Pengembangan Video Tutorial Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Lingkaran, skripsi.

Ketut Agustini1 , Jero Gede Ngarti2. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran

Kosilah1) & Septian2). 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

M. Mifta 2013 Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSA

Muhammad Jundyrabbany Safitra. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran Fotografi Untuk Siswa Kelas X Smk Pasim Plus Kota Sukabumi.Skripsi.

Muhammad Syarif Hidayatullah. Tahun 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Muhammad Syarif Hidayatullah. Tahun 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Robet. (2013). Pembuatan Materi Belajar dengan Pendekatan Video-Based Learning. Jurnal TIMES.

Sigit Purnama.2013. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab).Jurnal Produk Pembelajaran Bahasa.

Silvia Rizati. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perencanaan Interior Gedung Kelas Xi Dpib Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi

Siti Yulita Sari. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Motion Graphic Berbasis Software Adobe After Effect Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smkn 1 Sukalarang. Skripsi.

Uno, Hamzah B, dan Lamatenggo, Nina. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wayan Wendra,Made Sutama , Ni Made Wisudariani. 2014. Pembahasan Hasil Penelitian Dalam Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha. Jurnal Pendidikan Indonesia

Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia .

Wiwin Fachrudin Yusuf 2018, Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd)

Published
2022-07-31
How to Cite
Ela, N., Maharani, I., & Rahmat, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Desain Interior Kelas X Jurusan Gambar di SMKN Bakalang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 256-266. https://doi.org/10.5281/zenodo.6944573