Analisis Inovasi Produk Dan Sosial Media Marketing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran

Authors

  • M Nur Alamsyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Erry Sunarya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Faizal Mulia Z Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.793

Keywords:

Inovasi Produk, Pemasaran Media Sosial, Kinerja Pemasaran, UKM'S

Abstract

Selama ini UMKM selalu memposisikan diri sebagai penyangga perekonomian Indonesia. Pada krisis 1998, UMKM terbukti mampu bertahan dari krisis. Pandemi COVID-19 juga berdampak pada kinerja pemasaran UMKM khususnya yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran inovasi produk, pemasaran media sosial dan kinerja pemasaran. Dan menganalisis pengaruh inovasi produk dan pemasaran media sosial terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel adalah UMKM yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian ini adalah, (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemasaran media sosial terhadap kinerja pemasaran. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Inovasi Produk dan Pemasaran Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaran.

Kata Kunci : Inovasi Produk, Pemasaran Media Sosial, Kinerja Pemasaran, UKM'S

References

Achmad, E. Kuncoro dan Riduwan. (2014). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Cetakan ke-6. Bandung : Alfabeta.

Djayadiningrat, A. F., Sukaatmadja, I. P. G., & Yasa, N. N. K. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran IMK Sektor Industri Makanan Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(9), 4978-5004.

Arfanly, B., & Syamsun, M. (2016). Peran Entrepreneurial Marketing dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran pada Industri Rumahan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(2), 141-150.. https://doi.org/10.29244/mikm.11.2.141-150

Rangotwat, A. A. (2018). Pengaruh Kemampuan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran: Peran Diferensiasi Produk (Studi Pada Industri Pangan Lokal Enbal Di Kabupaten Maluku Tenggara). Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 38-48.

Barker, M., Barker, D. I., Bormann, N. F., & Neher, K. E. (2012). Social media marketing: A strategic approach. CENGAGE learning.

Dhewanto, Wawan, dkk. (2015). Manajemen Inovasi Untuk Usaha Kecil Dan Mikro. Bandung : Cv Alfabeta

Huda, A. M., & Martanti, D. E. (2018). Pengantar Manajemen Strategik. Jayapangus Press Books, 3-4

Indrawati. (2015).Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi, Bandung : Aditama

Kosasi, S. (2017). Evaluasi Penggunaan Teknologi Media Sosial dalam Memperluas Bisnis Pemasaran Online. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(2), 174-185.

Kosasi, S. (2017). Evaluasi Penggunaan Teknologi Media Sosial dalam Memperluas Bisnis Pemasaran Online. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 10(2), 174-185..

Kurniawan, D., & Mudiantono, M. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Dan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Orientasi Pasar Dan Penggunaan Erp Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menangah Di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Mas' udin, M., & Yuliawati, Y. (2020). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing melalui Instagram terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik di PO Sayur Organik Merbabu (SOM). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 4(3), 478-487.].

Novianto, Efri. (2019). Manajemen Strategis. Yogyakarta : CV. Budi Utama,

Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Risal, M., & Salju, M. (2017). Pengaruh bauran pemasaran (4PS) dalam meningkatkan kinerja pemasaran studi kasus pada: Industri kecil pengolahan rumput laut di Provinsi Sulawesi Selatan. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 14(01).

Sedjati, Retina Sri. (2015). Manajemen Strategis. Yogyakarta : Deepublish. Cet. 1.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen Dan Aplikasinya. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Gava Media.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Syahrum, Syahrum and Salim, Salim (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : Citapustaka Media, ISBN 979-3216-90-5

Uma Sekaran, (2006). Metode Penelitiaan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta-Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2 (2), 271–278.

Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(2), 230-257..

Wiwoho, G. (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk, Serta Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan Pada Umkm: Sebuah Agenda Penelitian. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 29-38.

Yunus, Eddy. ( 2016). Manajemen Strategis, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Alamsyah, M. N., Sunarya, E., & Z, F. M. (2022). Analisis Inovasi Produk Dan Sosial Media Marketing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2161–2168. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.793