PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Siregar, Rahayu Oktian and Nur, Tuah and Meigawati, Dine (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL. JURNAL GOVERNANSI, 9 (1). pp. 61-70. ISSN 2549-7138

[img] Text
5509

Download (80kB)

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah aspek penting yang dipengaruhi oleh kualitas layanan yang diberikan. Institusi dan menawarkan layanan publik berkewajiban demi memberikan pelayanan yang efisien, efektif, serta berkualitas tinggi nan mencukupi kepentingan warga. Hal ini membutuhkan optimalisasi semua sumber daya nan tersedia, seperti infrastruktur, personil, fasilitas, serta sistem teknologi. Namun, observasi awal menunjukkan bahwa layanan KK yang disediakan oleh Disdukcapil di Kabupaten Sukabumi belum mengikuti prosedur layanan satu hari jadi karena petugas layanan yang kurang memadai serta staf yang kurang sopan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki korelasi antara kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif serta asosiatif. Sampel sebanyak 100 pemohon KK dipilih dengan menerapkan accidental sampling di dinas tersebut. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien korelasi sederhana, serta uji parsial (T-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hubungan antara kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan,Kartu Keluarga (KK),Kepuasan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Administrasi Publik
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 04 May 2023 03:25
Last Modified: 04 May 2023 03:25
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item