IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN CABANG SUKABUMI 2018 – 2021

Penulis

  • Irvan Maulana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Bapak Yana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dine Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v9i1.5764

Kata Kunci:

Aplikasi Mobile JKN, Implementasi, Masyarakat, Peserta

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi 2018 – 2021. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, materi audio visual. Hasil penelitian menunjukan implementasi aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi tahun 2018 – 2021 belum optimalnya cara atau metode yang digunakan BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, belum menetapkan sumber daya manusia yang (khusus, masif, fokus) dalam mensosialisasikan aplikasi Mobile JKN, terdapat masyarakat maupun peserta yang mengetahui dan tidak mengetahui aplikasi Mobile JKN yang dipengaruhi oleh informasi yang didapatnya mengenai aplikasi Mobile JKN, sarana anjungan Mobile JKN masih dalam versi yang lama, dan dalam penerapannya terdapat yang bisa secara mandiri dan masih kesulitan menggunakan aplikasi Mobile JKN yang dipengaruhi oleh pemahaman atau pengetahuan mengenai aplikasi Mobile JKN. Faktor pendukung dan penghambat tergantung pada sumber daya manusia, sumber daya sistem serta lingkungan baik itu BPJS Kesehatan ataupun masyarakat maupun peserta.

Biografi Penulis

Bapak Yana, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dosen Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sukabumi 

Dine, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dosen Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sukabumi 

Referensi

Creswell, C. J. (2017). Research Design Edisi 3. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indiahono, D. (2009). Perbandingan Administrasi Publik (Public Policy)). Yogyakarta: Gravamedia.

Jones, Charles O. 1996. Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy) Terjemahan Ricky Ismanto. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rahayu, A. Y., & Vishnu, J. (2019). Birokrasi & Governance Teori, Konsep, dan Aplikasinya. Depok: PT Rajagrafindo.

Tahir, A. (2011). Kebijakan Publik Dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Bandung: PT Pustaka Indonesia Press.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Administrasi Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan.

NEWS JAMKES. COM. 2018. Kader JKN Sukabumi Optimalkan Penggunaan Mobile JKN Dalam Tugasnya. Diakses pada 28 Oktober 2021. Dari : https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/nws/5086/20180706/kader-jkn-sukabumi-optimalkan-penggunaan-mobile-jkn-dalam-tugasnya

Radar Sukabumi.com. 2018. Duta BPJS Kesehatan Siap Memandu Kenalkan Manfaat Mobile JKN. Diakses pada 28 Oktober 2021. Dari: https://radarsukabumi.com/ekonomi/duta-bpjs-kesehatan-siap-memandu-kenalkan-manfaat-mobile-jkn/

Radar Sukabumi.com. 2018. Akses Pelayanan Dalam Genggaman. Diakses pada 28 Oktober 2021. dari: https://radarsukabumi.com/featured/akses-pelayanan-dalam-genggaman/

Syahidan, Wahyu. 2021. Ini Penyebab, Kantor BPJS Kesehatan ‘Lockdown’. di akses pada 29 Oktober 2021. dari: https://radarsukabumi.com/berita utama/ini-penyebab-kantor-bpjs-kesehatan-lockdown/

Diterbitkan

2023-04-05

Cara Mengutip

Maulana, I., FY Basori, Y. F. ., & Meigawati, D. (2023). IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN CABANG SUKABUMI 2018 – 2021. Jurnal Governansi, 9(1), 44–52. https://doi.org/10.30997/jgs.v9i1.5764
Abstrak viewed = 4 times