Analisis persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat guna melalui kepercayaan pada pengguna mobile banking

Authors

  • Meysha Alyani Vinasti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Faizal Mulia Z Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.563

Keywords:

Persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, minat menggunakan, mobile banking

Abstract

Seiring dengan perkembangan internet yang semakin berkembang dengan pesat memberikan kemudahan kepada para konsumen untuk melakukan transaksi perbankan secara online dengan melalui smartphone. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat menggunakan mobile banking BNI Di Sukabumi. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu persepsi kemudahan penggunaan, variabel dependen minat menggunakan dan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat sukabumi yang memiliki kriteria sebagai pengguna mobile banking BNI dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 250 responden di sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif Teknik analisis data yaitu menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis) dengan bantuan Software SPSS 25. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan, Kepercayaan berpengaruh terhadap Minat Menggunakan dan Kepercayaan memediasi hubungan antara Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking. 

Kata Kunci :  Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Minat Menggunakan

References

Agustina, A. &Safrina. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan, Risiko dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada PT Bank Bukopin Tbk Banjarmasin. Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 255–268.

Ar rasyid, Ramdan, S. E. (2020). Analisis Minat Menggunakan Mobile Payment dengan Pendekatan Technology Accpetance Model Pada Pengguna Link Aja Sukabumi. 2(2).

Fernandrez, F., & Punjani, V. (2019). Persepsi Nasabah Bank BCA Dalam Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 165–180.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). universitas diponegoro.

Indarsin, T., & Ali, H. (2020). Attitude toward Using m-Commerce?: The Analysis of Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , and Perceived Trust?: Case Study in Ikens Wholesale Trade , Jakarta – Indonesia. 6663, 995–1007. https://doi.org/10.21276/sjbms.2017.2.11.7

Iriani, A. F. (2018). Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Islamic Management and Business, 2(2), 99–111.

Keni, W. D. D. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Berbelanja, Reputasi Website, Dan Kualitas Website Terhadap Minat Beli Online: Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 102–109. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i1.4933

Kholid, F. I. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 49–57. http://journal2.um.ac.id/index.php/ekobis/article/view/2164

Melasari, C., Suroso, A., & Banani, A. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Kemudahan, Privacy Risk, Time Risk, dan Financial Risk Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Muamalat. 25, 11–23.

Oktapiani, Y., Rosario, M., & Nehemia, A. (2020). Analisis Minat Penggunaan Aplikasi Brimo Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model ( TAM ). 2(3).

Oktavia O, K. R. . (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Resiko Terhadap Minat Pengguna Mobile Banking Bank Nagari Kantor Pusat Padang. E-Proceeding of Management, 7(2), 4103–4114.

Permadi, L. A., & Rinuastuti, B. H. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. 6, 54–61.

Putra T, Ramdan A, M. Z. (2019). Analisis E-service dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Website. Business, Management and Accounting, 1, 1–9.

Saparudin M, Rahayu A, Hurriyati R, Sultan M. A, & R. A. M. (2020). Consumers ’ Continuance Intention Use of Mobile Banking in Jakarta?: Extending UTAUT Models with Trust. International Conference On Information Management and Technology, August, 50–54.

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06

Wicaksono, B, Triwardhani D, N. H. (2021). Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap keputusan penggunaan m- banking mandiri di jakarta selatan. 2, 1090–1103.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Vinasti, M. A. ., Ramdan, A. M., & Mulia Z, F. . (2022). Analisis persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat guna melalui kepercayaan pada pengguna mobile banking. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1533–1539. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.563