Analisis Inovasi Layanan Drive Thru Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Konsumen Makanan Cepat Saji Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nur Ajeng Setia Wiguna Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nor Norisanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.586

Keywords:

inovasi layanan, drive thru, perceived value, kepuasan konsumen

Abstract

Pandemi covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di masa pandemi seluruh aktivitas wajib menerapkan protokol kesehatan untuk penanggulangan COVID-19. Demi mengatasi masalah tersebut, beberapa perusahaan restoran cepat saji melakukan inovasi dengan menerapkan layanan drive thru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari inovasi layanan drive thru dan perceived value terhadap kepuasan konsumen makanan cepat saji dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan inovasi layanan, perceived value sebagai variabel bebas dan kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 400 responden Kota Sukabumi yang menjadi konsumen McDonald’s indah plaza yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini didapatkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara inovasi layanan terhadap kepuasan konsumen dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perceived value terhadap kepuasan konsumen Mcdonald’s indah plaza kota sukabumi.

Kata Kunci : inovasi layanan, drive thru, perceived value, kepuasan konsumen

References

Antanegoro, R. Y., Surya, D., & Sanusi, F. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2), 167–179.

Aurelia, G. S., Ramdan, A. M., & Samsudin, A. (2019). Analisis Customer Satisfaction Dan Brand Trust Terhadap Customer Retention. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 10–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.599.

Fahle?, R., Ahmad, S., & Rizal. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Perekonomian Masyarakat di Sektor Informal. Jurnal IMARA, 4(2), 160–167.

Fajriani, F. N., & Trenggana, A. F. M. (2020). Pengaruh Perceived Value, E-Lifestyle, Dan Promosi Online Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Kai Access Di Indonesia. ProBank, 5(1), 68–82. https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.569

Gunawan, Y. I., & Saragih, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Dan Inovasi Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(1), 33. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i1.301

Hamdanur, P., Yusuf, A. M., & Kasman. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Akulaku Indonesia di Jakarta. Management & Accounting Expose, IV(6), 91–102.

Ika, mary pasaribu. (2021). Jurnal & Prosiding. 1, 1–69.

Irianto, D. R., Anshori, M. A., & Mas’udi, P. E. (2020). Rancang Bangun Sistem Komunikasi Data Pemesanan pada Drive Thru Toko Roti ETU Polinema Berbasis Android. Jurnal Jartel: Jurnal Jaringan Telekomunikasi, 10(3), 144–149. https://doi.org/10.33795/jartel.v10i3.58

Khotim, f., & nia, dwi pratiwi. (2021). Pengaruh digital marketing, kualitas produk, dan emosional terhadap kepuasan konsumen poskopi zio jombang. 2(2), 603–612.

Majid, A., V, A. F., Oktavianti, A. E., Rista, M. A., & Santika, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Lamongan ). 2, 214–226.

Mentang, j. J. J., ogi, i. W. J., Samadi, r. L., kualitas, p., dan, p., & pelayanan, k. (2021). Kepuasan konsumen pada rumah makan marina hash in manado di masa pandemi covid-19 the influence of product quality and service quality toward consumer satisfaction at marina hash in manado restaurant the covid-19 pandemic jurnal emba vol . 9 no . 4 oktobe. 9(4), 680–690.

Nurtopo, H. B. (2021). Analisis Efektivitas Layanan “ Drive Thru ” Menurut Persepsi Konsumen. 7(4), 4–85.

Nyoman, n., cakra, p., hidayat, i., & lestariningsih, m. (2021). Store atmosphere memoderasi pengaruh kualitas konsumen ( studi pada konsumen moonk cartil & cafe surabaya ). 15(2), 61–68. Https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.61

Pelealu, D. R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang Diprediksi Oleh Servqual, Service Innovation dan Brand Image Melalui Customer Satisfaction. 10(2016), 141–156.

Rahmawati, n., M.ramdan, A., & Samsudin, A. (2019). Analisis nilai pelanggan dan pengalaman pelanggan terhadap kepercayaan pelanggan wisata kuliner selamat toserba sukabumi. Journal of management and bussines (jomb), 9(1), 109–119. Https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.684

Rohmah, A. (2020). Pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Tan, R., & Budiono, H. (2020). Prediksi Brand Equity dan Perceived Value Terhadap Purchase Intention. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, II(3), 783–792. http://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/9592

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Nur Ajeng Setia Wiguna, Ramdan, A. M. ., & Norisanti, N. (2022). Analisis Inovasi Layanan Drive Thru Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Konsumen Makanan Cepat Saji Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1505–1509. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.586