Analisis Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kinerja Perusahaan Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Lulu Luciana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • R. Deni Muhammad Danial Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.587

Keywords:

Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Kinerja Perusahaan

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis risiko bisnis, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap kinerja perusahaan pada sub sektor hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar diBEI, rentang waktu yang digunakan ialah triwulan 1 sampai triwulan 4 ditahun 2020. Sampel pada penelitian ini adalah 10 perusahaan ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Guna memperoleh hasil penelitian maka penelitian ini menggunakan beberapa metode berupa Uji Hipotesis, Uji Koefisien Determinasi, Uji Regresi Linear Berganda, serta Uji t dan Uji f. Terdapat hasil dari penelitian ini yaitu risiko bisnis tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. sementara itu Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan penjualan secara simultan berpengaruh postif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Variabel Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan penjualan didapatkan nilai Koefisien Determinasi dengan pengaruh sebesar 41% terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan 59% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Kinerja Perusahaan

References

Cornelia, D. N., & Syafruddin, M. (2019). Analisis Pengaruh Corporate Governance Risk Disclosure Terhadap Biaya Modal Ekuitas dan Kinerja Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 8(2), 1–14.

Herlambang, S. (2013). Pengantar Manajemen. Cara Mudah Memahami Ilmu Manajemen. Gosyen Publishing.

Hilman, C., & Laturette, K. (2021). Analisis perbedaan kinerja perusahaan sebelum dan saat pandemi-19. 18(1), 91–109.

Jatmiko, D. P. (2017). Pengantar Manajemen Keuangan. Diandra kreatif.

Jhoansyah, D., Mulia, F., & Illahi, W. (2020). Analisis Rasio Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Kimia Farma TBK, Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2018. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 2721–3854.

Kumalasari, D., Angelia, N., & Christiawan, Y. J. (2020). Pertumbuhan Penjualan dan Kinerja Keuangan Perusahaan?: Peran Moderasi Pengawasan Komisaris Independen. Accounting Department.

Mardiyati, U. (2014). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Risiko Bisnis Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 5(1), 84–98.

Mnune, T. D., & Purbawangsa, I. B. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Risiko Bisnis Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 2862. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p10

Pusat Data dan Sistem Informasi, K. (2021). Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2020. In Kemenparekraf RI (p. 3).

Sandu siyoto dan Muhammad Ali Sodik. (2015). Dasar Metode Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing.

Septiana, A. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep Dasar dan Deskripsi Laporan Keuangan. Duta Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/ANALISIS_LAPORAN_KEUANGAN_Konsep_Dasar_d/xyH7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi (kedelapan). Ekonisia.

Suyuthi, N. F., Lie, D., Nainggolan, N. T., Kadar, M. G., Purba, S., Butarbutar, M., Anggraini, N., Astuti, A., Silalahi, M., Syafii, A., Arif, N. F., Muliana, M., & Mustar. (2020). Dasar-Dasar Manajemen: Teori, Tujuan dan Fungsi (A. Rikki & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_Dasar_Manajemen_Teori_Tujuan_dan_F/fxv-DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Wufron. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Serta Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Wacana Ekonomi, 4(1). https://doi.org/10.37751/parameter.v4i1.31

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Lulu Luciana, Jhoansyah, D., & Danial, R. D. M. (2022). Analisis Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kinerja Perusahaan Dimasa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1497–1504. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.587