Peran IKM Furniture Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Cikujang
DOI:
https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.943Keywords:
Kapabilitas Dinamis, Orientasi Pasar, Keunggulan BersaingAbstract
Industri mebel ialah industri yang memproses bahan mentah atau bahan setengah jadi. Terbuat dari berbagai macam kayu dan rotan, yang kemudian diproduksi menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi, guna mendapatkan keuntungan yang maksimal. Industri Kecil dan Menegah (IKM) mebel di Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi menggunakan kayu damar, kayu jengjeng, dan limbah kayu sebagai bahan baku produksi mebel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapabilitas dinamis dan orientasi pasar pada keunggulan bersaing di saat pandemi covid-19. Metode kuantitatif serta teknik sampling sampel jenuh, merupakan metode penilitian yang digunakan peneliti. Pengumpulan sampel sebanyak 45 responden, yaitu pemilik usaha ikm mebel di desa cikujang. Menetapkan pengolahan data yang dihitung melalui uji validitas dan uji reliabilitas serta uji hipotesis (uji t dan uji f), analisis regresi linear berganda serta koefisien determinasi. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan bahwa kapabilitas dinamis dan orientasi pasar berpengaruh signifikan secara parsial ataupun simultan pada keunggulan bersaing pada masa pandemi covid-19 di desa cikujang dan koefisien determinasi menghasilkan sebanyak 0,627 ataupun 62,7% berpengaruh.
Kata Kunci : Kapabilitas Dinamis, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing
References
Amaningsih Jumhur, A. (2020). Keunggulan Bersaing Industri Kecil Menengah.
Aprizal. (2018). Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Penjualan Komputer). Celebes Media Perkasa.
Dalimunthe, B. M. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 18–31.
Fernandes, N. (2020). Economic effects of coronavirus outbreak ( COVID-19 ) on the world economy Nuno Fernandes Full Professor of Finance IESE Business School Spain. SSRN Electronic Journal, ISSN 1556-5068, Elsevier BV, 0–29.
Ferreira, J., Coelho, A., & Moutinho, L. (2020). Dynamic capabilities, creativity and innovation capability and their impact on competitive advantage and firm performance: The moderating role of entrepreneurial orientation. Technovation, 92–93(February 2017), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2018.11.004
Gligor, D., Gligor, N., & Maloni, M. (2019). The impact of the supplier’s market orientation on the customer market orientation-performance relationship. International Journal of Production Economics, 2(16.) 81–93. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.04.022
Gupta, M., Abdelmaksoud, A., Jafferany, M., Lotti, T., Sadoughifar, R., & Goldust, M. (2020). COVID-19 and economy. Dermatologic Therapy, 33(4), 13329. https://doi.org/10.1111/dth.13329
Hajar, I. (2019). Manajemen Strategik-Konsep Keunggulan Bersaing (R. Indra (ed.)). ANDI.
Hery. (2018). Manajemen Strategik (Adipramono (ed.)). PT. Grasindo.
Khouroh, U., Windhyastiti, I., & Ratnaningsih, C. S. (2021). Kapabilitas Dinamik dan Keunggulan Bersaing?: Dinamisme Lingkungan Moderator ataukah Driver?? Dynamic Capability and Competitive Advantage?: Environmental Dynamism is a Moderator or Driver?? 12(28), 18–34. https://doi.org/10.33059/jseb.v12i1.2322
Sudrajat, D. (2013). Perusahaan Jasa Logistik Di Indonesia. (Suatu Kerangka Penelitian ). 4(2), 798–811.
Wang, L. (Lucas), & Gao, Y. (2020). Competition network as a source of competitive advantage: The dynamic capability perspective and evidence from China. Long Range Planning, 102052. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2020.102052
Wheelen, Thomas L.; Hunger, j. D. (2012). Strategic management and business policy?: toward global sustainability (13th ed.). pearson.
Wulaningtyas, A., & Widiartanto. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Industri Kecil Dan Menengah ( Studi pada IKM Furniture di Kota Semarang ). Manajemen.
Zhou, K. Z., Brown, J. R., & Dev, C. S. (2009). Market orientation, competitive advantage, and performance: A demand-based perspective. Journal of Business Research, 62(11), 1063–1070. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2008.10.001