Analisis Consumer Tastes Dalam Memediasi Hubungan Product Packaging Dengan Minat Beli Konsumen Produk Kosmetik Lokal (Studi Empiris Pada Mahasiswi Pengguna Produk Kosmetik Emina Di Perguruan Tinggi Kota Sukabumi)

Authors

  • Intan Firmantiny Yulia Universitas Muhammadiya Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.675

Keywords:

Consumer Tastes, Product Packaging , Minat Beli

Abstract

Kosmetik merupakan bahan-bahan yang digunakan dalam usaha untuk mempercantik diri, beragam produk kecantikan yang sedang ramai dibicarakan oleh para kaum wanita yang ingin terlihat berpenampilan cantik . Begitupun banyaknya jenis industri kosmetik lokal telah menghadirkan produk kosmetik yang menarik, kemudian dengan hadirnya kosmetik impor ke Indonesia yang akan dengan mudah menggeser produk lokal. Permasalahan yang terjadi pada minat beli yaitu konsumen yang saat ini lebih banyak menggunakan produk kosmetik lar dibandingkan dengan produk kosmetik lokal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mediasi consumer tastes  dalam hubungan product packaging  terhadap minat beli.  Metode penelitian pada penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif pendekatan deskriptif dan asosiatif. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan melakukan penyebaran sebanyak 351 mahasiswi di perguruan tinggi kota sukabumi dengan teknik analisis menunjukan bahwa consumer tastes berpengaruh positif  terhadap product packaging, product packaging berpengaruh terhadap minat beli dan consumer tastes memediasi hubungan product packaging terhadap minat beli. Maka hal ini dapat diartikan bahwa consumer tastes berperan sebagai perantara dalam hubungan product packaging terhadap minat beli.

Kata Kunci : Consumer Tastes, Product Packaging, Minat beli

References

Aisha, S., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2020). Marketing Glocalization Concept Dalam Menarik Minat Beli Kalangan Bridgehead. Syntax Idea. 2. 264–276.

Amstrong, G., Kotler, P., Trifts, V., & Buchwitz, L. A. (2017). Marketing An Introduction (Canadian E). Pearson.

Azzahra, S. (2017). Kosmetik Lokal vs Luar Negeri, Inilah 5 Keunggulan Produk Dalam Negeri yang Membuatnya Tak Kalah Saing. Medium.Com. https://medium.com/@SarahAzhr_99833/kosmetik-lokal-vs-luar-negeri-inilah-5-keunggulan-produk-dalam-negeri-yang-membuatnya-tak-kalah-b0f546be0209

Chen, Y. S., Hung, S. T., Wang, T. Y., Huang, A. F., & Liao, Y. W. (2017). The influence of excessive product packaging on green brand attachment: The mediation roles of green brand attitude and green brand image. Sustainability (Switzerland), Volume 9(4). https://doi.org/10.3390/su9040654

Cosmetindo, P. P. N. (2019). Inilah Pengertian Kosmetik Untuk Diketahui. Protea Nutri Cosmetindo. https://www.protea.co.id/pengertian-kosmetik/#:~:text=Sedangkan menurut BPOM%2C kosmetik yaitu,untuk area luar tubuh manusia.&text=Selain itu%2C juga bertujuan untuk,agar tetap pada kondisi baik.

Dessy Yunita, A. R. (2016). Pengaruh Mencari Variasi, Ketidakpuasan dan Ketidak Tersediaan Produk Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya. 14.

Emawati, L. (2018). Pengaruh Selera Konsumen Dan Lingkungan Sosial Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit UNDIP.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management. Pearson Education Limited.

Kurniawaty, E. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan dan Tarif Premi Terhadap Minat Beli yang Berdampak Pada Kepuasan Pelanggan di PT Asuransi Cigna Jakarta. Jurnal Kreatif?: Pemasaran, Sumberdaya Manusia Dan Keuangan, 5(1), 1–17.

Oktriani, A. (2016). Pengaruh Kemasan (Packaging) Produk Makanan dan Minuman Terhadap Minat Membeli Oleh Konsumen. https://wahyudidavid.blogspot.com/2016/06/pengaruh-kemasan-packaging-produk.html

Ramdan, A. M., Irpansyah, M. A., & Danial, R. D. M. (2019). Kredibilitas dan Kekuatan Selebgram Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Toko Online di Instagram. Journal of Economic, Business and Accounting. 2. 248–255.

Rizal, R., Romidon, H., & Handika, I. (2017). Analisis Bauran Pemasaran terhadap Omzet Penjualan pada PT. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang. Jurnal Adminika. 3(2). (2), 78–94.

Sonata, I & Burning, A. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Minat Konsumen membeli Kosmetik Lipstick Wardah study pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis. 4(2). (2), 75–86.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.

Surajiyo. (2020). Penelitian Sumber Daya Manusia, Pengertian, Teori Dan Aplikasi (Menggunakan Ibm Spss 22 For Windows). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Sumber_Daya_Manusia_Pengertia/ZUkQEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Yulia, I. F., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2022). Analisis Consumer Tastes Dalam Memediasi Hubungan Product Packaging Dengan Minat Beli Konsumen Produk Kosmetik Lokal (Studi Empiris Pada Mahasiswi Pengguna Produk Kosmetik Emina Di Perguruan Tinggi Kota Sukabumi). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2076–2087. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.675