Kekuatan Experiential Marketing Dan Kepercayaan Merek Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Telkomsel

Authors

  • Putri Salma Alifia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Faizal Mulia Z Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.630

Keywords:

Experiential Marketing, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh Experiential Marketing dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel pada penelitian ini adalah Experiential Marketing (X1), Kepercayaan Merek (X2), dan Kepuasan Pelanggan (Y). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Serta jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 200 orang pelanggan Telkomsel sebagai responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling. Lalu teknik penarikan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Dillihat dari nilai Adjusted R Square 0,157. Koefisien korelasi nilai R menunjukkan hasil sebesar 0,407 seluruhnya berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan.

Kata Kunci: Experiental Marketing, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan

References

Alagoz, S. B., & Ekici, N. (2014). Experiential Marketing and Vacation Experience?: The sample of Turkish Airlines. Procedia Social and Behavioral Sciences, 500–510.

Balianado, J. R., Prasetyo, Y. T., Young, M. N., Persada, S. F., Miraja, B. ardiansyah, & Redi, A. A. N. P. (2021). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction in an Automotive After-Sale Service. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7, 2–12.

Batat, W. (2019). Experiential Marketing Consumer Behavior, Customer Experience and The 7Es (1st ed.). Routledge.

Chae, H., Seunggwan Kim, Lee, J., & Park, K. (2020). Impact of product characteristics of limited edition shoes on perceived value, brand trust, and purchase intention; focused on the scarcity message frequency. Journal of Business Research, 120, 398–406.

Darena, F., & Gotter, F. (2021). Technological Development and Its Effect on IT Operations Cost and Environmental Impact. International Journal of Sustainable Engineering, 14(3), 190–201.

Dhillion, R., Agarwal, B., & Rajput, N. (2021). Determining The Impact Of Experiential Marketing On Consumer Satisfaction: A Case Of India’s Luxury Cosmetic Industry. Innovative Marketing, 17(4), 62–71.

Edyansyah, T. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Cabang Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 5(1), 35–42.

Fawzeea, B. K., Sudardjat, I., & Dilham, A. (2021). The Effective of Halal Certification and Product Quality Food Ingredients on the Interest of Buying through Experiential Buying of Consumers in Small Souvenir Industries Sumatera Utara. 12(3), 842–844.

Goranda, I. R., Nurhayati, P., & Simanjuntak, M. (2021). Analysis of Consumer Satisfaction and Loyalty Factors with CRM Approach in Agribusiness E-commerce Company. Journal of Consumer Sciences, 6(2).

Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial Pada Ruang Terbuka Publik. National Academic Journal of Architecture, 5(2), 85–86.

Herrera, V. J. R., Carrillo, E. P. M., Herrera, S. E. V., & Villar, F. R. C. (2020). Influence of Experiential Marketing on Online Engagement of the Consumer in the Fashion Industry in the City of Aguascalientes. 10.

Hutapea, R. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Asahan. TAPM, 4–5.

Jamilah, R. S., & Habra, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kosmetik Emina. Movere Journal, 4(1), 19–28.

Kussoy, Y. H., Lumanaw, B., & Raintung, M. C. (2021). Analisis Perbandingan Strategi Promosi, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Kartu Telkomsel Dan Tri Di Kecamatan Motoling Timur. Jurnal EMBA, 9(1), 851–858.

Munggaran, A. P. (2020). Analisis Experiential Marketing dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada CV. Yukas Family Kabupaten Sukabumi. 1–8.

Perdana, R. E., Komariah, K., & Mulia, F. (2020). Analisis Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PD.Ikram Nusa Persada Kota Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(1), 58–69.

Pristanti, H., Wulansai, K., Kalangit, D. O. C., Adansari, D., & Amimah, T. K. (2021). The Effect of Brand Trust and Price Perception on Customer Satisfaction on Gold Savings Products at PT Pegadaian (Persero) Balikpapan. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 647. https://doi.org/https://www.atlantis-press.com/article/125971136.pdf

Sa’aadah, N., & Hasbi, I. (2022). The Influence Analysis of Brand Trust and Product Quality on Wardah Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 2–4.

Satriawan, M. A., Andreswari, R., & Pratiwi, O. N. (2021). Segmentasi Pelanggan Telkomsel Menggunakan Metode Clustering Dengan RFM Model Dan Algoritma K-Means. E-Proceeding of Engineering, 8(2), 2876.

Shaleha, W. M. (2021). Determina Yang Mempemgaruhi Keputusan Pembelian SIMCARD Prabayar Telkomsel Pada Mahasiswa Dan Mahasiswi di Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaa, 1. 27

Shin, S. K. S., Amenuvor, F. E., Basilisco, R., & Owusu-Antwi, K. (2019). Brand Trust and Brand Loyalty: A Moderation and Mediation Perspective. Journal of Applied Science and Technology, 1–17.

Simamora, M. L. F. D., Sinulingga, S., & Sadalia, I. (2019). Strategy of Achievement Target Marketing of Services Licensed Operator Products PT Telkom Regional I. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(5).

Somov, Y., Burdin, V., Mikhailenko, T., & Novikov, S. (2022). Use of Current and Future Digital Technologies in Operation of Russian Customs Authorities. Transportation Research Procedia, 10, 418–425.

Syafarudin, A. (2021). The Effect of Product Quality on Customer Satisfaction Implications on Customer Loyalty in the Era Covid-19. Ilomata International Journal of Tax & Accounting (IJTC), 2(1), 71–83.

Teubner, L. K., Henkel, J., & Bekkers, R. (2021). Industry consortia in mobile telecommunication standarts setting: Purpose, organization and diversity. Telecommunications Policy, 45, 1–20.

Yustica, D. D. (2021). The Effect Experiential Marketing And Paylater Feayures On Customer Satisfaction And Repeat Interest. Eduvest, 1(5), 263–264.

Yusuf, Z., Sarboini, Mariati, Amri, S., & Rizal, S. (2021). The Effect of Advertising and Consumer Satisfaction onConsumer Loyalty to Pepsodent Products in Banda Aceh City. International Journal of Management Science and Information Technology (IJMSIT), 1(1).

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Alifia , P. S. ., Komariah, K., & Mulia Z, F. . (2022). Kekuatan Experiential Marketing Dan Kepercayaan Merek Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Telkomsel . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1777–1783. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.630