Analisis Kesadaran Merek Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Sikap Merek Kosmetik Wardah Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rahayu Damayanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nor Norisanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.705

Keywords:

Brand Awareness, Daya Tarik Iklan, Brand Attitude

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand awareness dan daya tarik iklan terhadap brand attitude. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Deskriptif dan Asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, koesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data primer dari penyusunan data, tabulasi sehingga tahap pengujian yaitu menggunakan koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji hipotesis secara simultan (uji F) dan uji hipotesis (uji T). Berdasarkan hasil penelitian uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (R2) sebesar 0,695 dapat diartikan bahwa pengaruh brand awareness dan daya tarik iklan adalah 69,5% sisanya 30,5% dipengaruhi oleh fakto-faktor lain diluar penelitian ini. Dan berdasarkan uji koefisien kolerasi ganda dilihat dari nilai R sebesar 0,833 menunjukan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara pengaruh brand awareness (X1) dan daya tarik iklan (X2) terhadap brand attitude (Y). Berdasarkan hasil perhitungan uji F menunjukan bahwa F hitung > F table yaitu 398.129 > 3,87 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima , yang berarti bahwa secara bersama-sama brand awareness (X1) dan daya tarik iklan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand attitude (Y). Berdasarkan uji t menunjukan bahwa brand awareness (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand attitude (Y), daya tarik iklan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand attitude (Y).
Kata Kunci: Brand Awareness, Daya Tarik Iklan, Brand Attitude

References

DAFTAR PUSTAKA

Afifah, Y., Satyawan, I. A., Sebelas, U., & Surakarta, M. (2021). PENGARUH IKLAN TELEVISI TOKOPEDIA VERSI “ WAKTU INDONESIA BELANJA SPESIAL RAMADHAN 2021 ” TERHADAP KESADARAN MEREK TOKOPEDIA DI KALANGAN MAHASISWA-MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI UNS. 2.

Ardiansyah, L., Arifin, Z., & Fanani, D. (2013). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN (Survei Terhadap Iklan Honda Versi Band Nidji âOne Heartâ). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 1(1), 75–83.

Aswin, U. R., & Hidayat, D. (2019). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK.PERSEPSI HARGA, SIKAP MEREK, LOKASI dan WORD MOUTH TERHADAP NIATA MENONTON di CINEMA XXI KOTA PADANG. 3(1), 115–132.

Basid, C. A., Hasiolan, L. B., & Haryono, A. T. (2015). Pengaruh citra merek, sikap merek dan kesadaran merek terhadap ekuitas merek susu Frisian Flag (Studi kasus di kecamatan Tembalang Semarang). Jurnal of Management, 1(1), 1– 26.

Bimantari, C. (2019). The Effect of Brand Awareness, Perceived Quality, and Brand Attitude Toward Purchase Intention of Biscuit Oreo in Surabaya. Journal of Business & Banking, 8(2), 195. https://doi.org/10.14414/jbb.v8i2.1548

Buchari Alma. (2014). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Darmawan, D. (2019). the Effect of Corporate Image on Brand Awareness and Brang Attitude. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 8(01), 13–26. https://doi.org/10.35457/translitera.v8i01.595

Daya, P., Iklan, T., Citra, D. A. N., Terhadap, P., & Lapian, S. L. H. V. J. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2). https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20026

Dewi, V. K., & Setiawan, S. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Product Involvement Terhadap Brand Attitude Shopee. Journal of Aaccounting and Business Studies, 4(1), 12–23.

Djalim Saladim. (2007). Manajemen Pemasaran. Linda Karya.

Fadhilah, A. (2015). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. Jurnal Mix, VI(2), 188–205.

Fajriani, H., Suharyono, & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional Dan Daya Tarik Iklan Emosional Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konsumen Wanita Muslim yang Membeli Produk Sunsilk Hijab di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 61 No. 3 Agustus 2018| Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id 163, 61(3), 163– 171. file:///C:/Users/Juni/Downloads/2610-10392-1-PB (9).pdf

Fatima. (2020). Pengaruh Kredibilitas Merek. Sikap Merek dan Sensitivitas Harga Terhadap Niat Beli Kopi ABC Di Surabaya. 0–16.

Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen (lima) (Badan Pene).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Giantari, I. G. A. K. (2019). TARIKIKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Di Indonesia , saat ini persaingan shampo semakin kompetitif sehingga

membuat perusahaan shampo berlomba-lomba untuk bersaing memperebutkan pasar. 8(2), 8016–8046.

Herawati, S. (2016). Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Dan Daya. Jurnal Ekonomi Bisnis, 21(1), 46–50.

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–18.

Irene, L. (2019). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Costumer Retention Dengan Brand Atitude Dan Costumer Engagement Sebagai Variabel Perantara Pengguna Rokok Wimsilak Di Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Jakpat. (2020). Beauty Trend 2020. Www.Warta Ekonomi.Co.Id. www.wartaekonomi.co.id www.google.co.id

Kartika, A., & Artha Kusuma, A. (2016). Peran Efektivitas Iklan Dalam Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Pada Iklan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Aqua) Di Kota Denpasar. None, 5(1), 242519.

Komariah, K., Rahmawati, Z., & Danial, R. D. M. (2020). Daya Tarik Video Iklan Online Dan Kesadaran Merek Terhadap Sikap Konsumen Pada Pengguna Youtube. Jurnal Syntax Admiration, 1(4), 461–467. https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/41/113

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajement 15th Global. Person Education Limeted.

Listari, K. (2020). Noura : Jurnal Kajian Gender Dan Anak Noura : Jurnal Kajian Gender Dan Anak. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1), 1–10.

Natura, P., Di, W., & Surakarta, K. (2021). ( EFFECT ADVERTISEMENT TO CUSTOMER LOYALTY NATURA WORLD IN. 8(4), 4195–4212.

Norisanti, N., Oktavia, S., & Ramdan, A. (2020). Kekuatan Efektivitas Iklan dan Kepercayaan Merek Dalam Membentuk Kinerja Merek pada Produk Kosmetik Lokal. Syntax Idea, 2(6), 148–155.

Orlando, D. (2015). Analisa Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Sepeda Motor “ Kawasaki Ninja 250Fi “ Program Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra. Jurnal Managemen Pemasaran Petra, Vol.3(Issue.1), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/134813-ID-analisa-pengaruh- brand-image-dan-brand-a.pdf

Pandamsari, A. P. (2020). Penjualan kosmetik turun dimasa pandemi, skincare masih diminati. Www.Lokadata.Id. https://lokadata.id/artikel/penjualan- kosmetik-turun-di-masa-pandemi-skincare-masih-diminati

Pratiwi, W., & Rahanatha, G. (2016). Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(12), 254297.

Putriansari, F. P. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas , Sikap Merek , dan Preferensi Merek Terhadap Niat Pembelian pada Minuman Susu Frisian Flag di Surabaya. 8(2), 177–194. https://doi.org/10.14414/jbb.v8i2.1544

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. http://jurnalhikmah.staisumatera- medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/10/13

Safina, W. D. (2019). Pengaruh Kredibilitas Celebrities EndorsDan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Sampoo Pantene di Palaza Medan Fair. Jurnal Ekonomic, 7(1), 61–68.

Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendeketan Praktis Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. (Aldi (ed.)).

Saragih, D. V. C., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh Perceived Value , Celebrity Endorser Dan Advertising Terhadap Brand Attitude ( Survei

Pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Pengguna Kosmetik Wardah ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 64(1), 1–9.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2018a). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D (21st ed.). Alfabeta.

Sukiarti, L., H, L. B., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Citra Merek, Sikap Merek, Kesadaran Merek dan Kualitas Merek terhadap Ekuitas Merek, Hand & Body Lotion Vaseline ( Studi Kasus Di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang). Journal of Management, 2(2), 1–26. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/519/505

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi (ANDI OFFSET (Anggota IKAPI) (ed.)).

Sumarauw, J., Soegoto, A., & Tampi, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt. Daya Adicipta Wisesa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 990–999.

Sunjaya, F., & Eridansyah, R. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Dunkin’ Donuts Indonesia. Prologia, 3(1), 99. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6219

Tajudin, M. H., & Mulazid, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok.

ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19–46. https://doi.org/10.32678/ijei.v8i1.64

Timpal, N., S.L.H.V.J., L., & Rate, P. Van. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Attitude Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia (Studi Kasus Pada Siswa SMA dan SMK di Kota Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 308–317.

Topbrand-award.com. (2021). Top Brand Index Produk Kecantikan Kulit. Www.Top Brand Award,Com. https://www.topbrand-award.com/top-brand- index/

Yanti, M. O. Z., & Sukotjo, H. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosial Merek, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Aqua. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1–15. https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/viewFile/1557/1516

Zahrotulaisyah. (2020). Corona Virus (Covid-19) dan Beauty Industry. Yonulis.Com. https://yonulis.com/2020/03/22/corona-virus-covid-19-dan- beauty-industry/

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Damayanti, R. ., Komariah, K., & Norisanti, N. (2022). Analisis Kesadaran Merek Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Sikap Merek Kosmetik Wardah Dimasa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2098–2106. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.705