Kapabilitas Relasional dan Inovasi Produk dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Masa Covid-19 (Studi Pada Industri Kreatif Fesyen Busana Kota Sukabumi)

Authors

  • Fuji Siti Nurfitrah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • R. Deni Muhammad Danial Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.758

Keywords:

Kapabilitas Relasional, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing

Abstract

Pada saat ini Pandemi covid-19 saat ini melanda dunia terutama  negara kisendiriyaitu negara Indonesia sendiri yang menimbulkan berbagai dampak termasuk perekonomian. Dampak virus corona bagi perekonomian di Indonesia mengakibatkan potensi pertumbuhan perekonomian sebesar 0,4% yang merupakan sebuah scenario buruk. Dengan adanya covid-19 banyak yang terkena dampaknya yang mengakibatkan banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan hububgan kerja (PHK(Sumarni, 2020)(Panday, 2020). Penelitian dilakukan untuk mengetahui Kapabilitas Relasional dan Inovasi Produk apakah mempunyai pengaruh terhadap Keunggulan Bersaing pada masa Covid-19. Metode yang digunakan peneliti menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah sample 35 Industri Kreatif Fesyen Busana di Kota Sukabumi. Peneliti menggunakan Teknik analissi regresi linear berganda dan pengujian hipotesis (Uji F dan Uji T) Penelitian ini dengan menggunakan program SPSS versi 25. Dari hasill penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Kapabilitas Relasional terhadap Keunggulan Bersaing terdapat pengaruh namun tidak signifikan antara Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada masa Covid-19.

Kata Kunci : Kapabilitas Relasional, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing

References

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.

Czakon, W. (2009). The building blocks of a relational capability – evidence from the banking industry. International Journal of Entrepreneurial Venturing, 1(2), 131–146. https://doi.org/10.1504/IJEV.2009.029100

Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Duren Kamu Pasti Kembali. di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i3.1252

Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239

Murniningsih, R. (2017). Kapabilitas Relasional UMKM?: Suatu Tuntutan Daya Saing. Jurnal University Research Colloquium, 563–568.

Nurmilah, R., Anggraeni, L., & Novianti, T. (2013). Strategi pengembangan ekonomi kreatif kota sukabumi. 2012(Tabel 1), 98–113.

Panday, R. (2020). Dampak COVID19 Pada Kesiapan Teknologi dan Penerimaan Teknologi di Kampus. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 107–116. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.276

Retnowati, T., Fernando, D., & Narotama, U. (2020). MOTOR. 4(5), 289–311.

Sugiyono, P. D. (2017) Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid 19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 46–58.

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Nurfitrah, F. S., Danial, R. D. M., & Ramdan, A. M. (2022). Kapabilitas Relasional dan Inovasi Produk dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Masa Covid-19 (Studi Pada Industri Kreatif Fesyen Busana Kota Sukabumi). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 1937–1945. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.758