Analisis Pengalaman Pembelian Online Dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Niat Beli Ulang Mustika Ratu Official Shop Shopee

Authors

  • Fitria Juliani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Resa Nurmala Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.880

Keywords:

Online Purchase Experience, E-Service Quality, Repurchase Intention

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh online purchase experience dan e-service quality terhadap repurchase intention Mustika Ratu Official Shop Shopee. Metode yang dipergunakan untuk penelitian ini yaitu metode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu probability sampling yaitu simple random sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 399 orang wanita pengguna shopee di Kota Sukabumi. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linier berganda, koefisien kolerasi ganda, uji koefisien determinasi dan uji secara parsial (uji t). hasil penelitian dengan menggunakan uji koefisien determinasi yang dilihat dari nilai (R Square) sebesar 0,637 yang dapat diartikan bahwa hubungan antara online purchase experience dan e-service quality terhadap repurchase intention Mustika Ratu Official Shop Shopee terdapat hubungan sebesar 63,7% dan 36,3%  ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil uji koefisien kolerasi ganda yang dilihat dari nilai R sebesar 0,798 dapat diartikan bahwa adanya hubungan yang kuat antara online purchase experience dan e-service quality terhadap repurchase intention Mustika Ratu Official Shop Shopee. Online purchase experience mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel yang dimana nilai thitung 8,156 dan nilai ttabel 1,65 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. E-service quality mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu nilai thitung 10,787 dan nilai ttabel sebesar 1,65 dengan nilai signifikan 0,000<0,05.

Kata Kunci : Online Purchase Experience, E-Service Quality, Repurchase Intention

References

Algustin, W., & Matoati, R. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Ulang Produk Emina Pada Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 27(1), 1–12.

Andira, F. D., Komariah, K., & Norisanti, N. (2020). Analisis Web Service Quality Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Shopee (Survei Pada Pengguna Online Shop Kawaidollshop Di Sukabumi). Syntax Idea, 2(7), 216–224.

Febriani, N. M. A., & Ardani, I. K. S. A. (2021). The Influence of Customer Experience, Ease of Use, and Trust on Repurchase Intention (Case Study of Tokopedia Consumers in Denpasar). Ajhssr.Com, 2, 378–383. https://www.ajhssr.com/wp-content/uploads/2021/02/ZR2152378383.pdf

Foster, B. (2017). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Produk Fashion terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang Pelanggan Zalora serta Berrybenka. Kontigensi, 5(1), 68–76.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Nathadewi, K. S., & Sukawati, T. G. R. (2019). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Lion Air. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6658. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p14

Nurrahmanto, Agus Prasetyo Rahardja, P. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan berbelanja, pengalaman Berbelanja Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Di Situs Jual Beli Online Bukalapak.com. Diponegoro Journal of Management, 4(2012), 1–12.

Nusarika, L. A. K., Purnami, N. M., Nathadewi, K. S., Sukawati, T. G. R., Haasiani, N., Suandana, N., Rahyuda, K., Yasa, N., Kotler, P., & Keller, K. L., Memenuhi, U., Satu, S., kotler, P., & Amstrong, G., BERLIANSYAH, R. A., SUROSO, A., Aryadhe, P., Rastini, N., Kotler, P., & Keller, K. L., Statistik, badan pusat, Humaniste, L., … Respati, N. N. R. (2018). Principles of Marketing (15 Global) Pearson. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.570

Downloads

Published

2022-08-08

How to Cite

Juliani, F., Komariah, K. ., & Nurmala, R. . (2022). Analisis Pengalaman Pembelian Online Dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Niat Beli Ulang Mustika Ratu Official Shop Shopee . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1797–1803. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.880