Analisis Online Consumer Review Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc
DOI:
https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.597Keywords:
Online Consumer Review, Viral Marketing, Keputusan Pembelian, InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Online Consumer Review dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian skincare Somethinc pada followers instagram @somethincofficial. Populasi berjumlah 1,2 juta followers dan jumlah sampel sebanyak 400 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Berdasarkan haasil pengujian hipotesis secara parsial dan simultan Online Consumer Review dan Viral Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Somethinc pada followers instagram @somethincofficial.
Kata kunci : Online Consumer Review, Viral Marketing, Keputusan Pembelian, Instagram
References
Furqon, M. A. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79. https://doi.org/10.33603/jibm.v4i1.3311
Hamdani, M. Y., & Mawardi, M. K. (2018). Pengaruh viral marketing terhadap kepercayaan konsumen serta dampaknya terhadap keputusan pembelian. Jurna Administrasi Bisnis, 60(1), 163–171.
Kamila, K. T., Suharyono, & Perwangsa Nuralam, I. (2019). Pengaruh Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya TA 2015 / 2016 – 2018 / 2019 yang Pernah Membeli dan Menggunakan Xiaomi Smartphone ). Journal Administrasi Bisnis, 72(1), 202–211. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2855
Kanitra, A. R., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(1), 64–73. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2548
Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 77–84. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/24741
Mohammed, E., & Ali, M. (2017). Investigating Effects Of Viral Marketing On Consumer’s Purchasing Decision. British Journal of Marketing Studies, 5(4), 5.
Mustikasari, A., & Widaningsih, S. (2019). The Influence of Viral Marketing toward Brand Awareness and Purchase Decision. Journal of International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance, 65(Icebef 2018), 647–650. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.138
Nggilu, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2691–2700.
Sutanto, M. A., & Aprianingsih, A. (2016). He Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: a Study in Premiumcosmetic in Indonesia. International Conference on Ethics ofBusiness, Economics, and Social Science, 53(2), 1689–1699.