Analisis Kepercayaan Merek dalam Memediasi Hubungan Antara Brand Experience dan Brand Loyalty (Survey Pengguna Produk Garnier Skincare di Kota Sukabumi)

Authors

  • Evrida hayati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep M Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nor Norisanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.552

Keywords:

Brand Experience, Brand Trust, Brand Loyalty

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis adanya pengaruh mediasi kepercayaan merek terhadap hubungan brand experience terhadap brand loyalty pada pengguna produk skincare Garnier di Kota Sukabumi. Desain Penelitian, Data, dan Metodologi: Survey dilakukan pada 399 responden penduduk kota Sukabumi sebagai konsumen pengguna skincare Garnier. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan model structural equation modelling pengelohan data dilakukan menggunakan software AMOS24. Adapun konstruksi pada penelitian ini disusun berdasarkan brand experience sebagai variabel independent, kepercayaan merek diposisikan sebagai variabel intervening untuk menguji efek pada brand loyalty sebagai variabel dependen. Hasil: Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa adanya pengaruh brand experience terhadap brand loyalty melalui kepercayaan merek secara signifikan. Kesimpulan: Brand experience memiliki pengaruh signifikan terhadap brand loyalty baik secara langsung maupun tidak langsung. Demikian pula kepercayaan merek memiliki pengaruh signifikansi pada brand loyalty. Implikasi temuan menekankan pentingnya kepercayaan merek sebagai variabel yang memediasi hubungan brand experience terhadap brand loyalty.

Kata Kunci : Brand Experience, Kepercayaan Merek, Brand Loyalty

References

Aurelia, G. S. A. M. ramdan; A. S. (2019). Analisis Customer Satisfaction dan Brand Trust Terhadap Customer Retention. Journal of Management and Busines, 1, 1–9.

Chen, A. C. H., Chen, S. K., & Ma, C. L. (2016). Brand experience and customer equity prediction. Advances in Business and Management Forecasting, 11, 19–38. https://doi.org/10.1108/S1477-407020160000011003

Choi, Young Gin; Chihyung Ok;Seon, S. (n.d.). Evaluating Relationships among Brand Experience, Brand Personality, Brand Prestige, Brand Relationship Quality, and Brand Loyalty?: An Empirical Study of Coffehouse Brands. 2015.

Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Gultom, D. K., & Hasibuan, L. P. (2021). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Handphone. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 3(1), 214–225.

Imran, hasyim ali. (2017). Peran sampling dan distribusi data dalam penelitian komunikasi pendekatan kuantitatif. 99-117

Huong, P. T. L. (2016). Effects of Brand Experience on Brand Loyalty in Fashion Retail Business. Journal of Economics Development, 23(3), 73–88. https://doi.org/10.24311/jed/2016.23.3.07

Khalid, (2021). The impact of brand trust, brand experience and customer satisfaction on brand loyalty. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://doi.org/10.48112/SHU-BM.v1i1.34

Kotler, Philip & Kevin Keller. (2018). Marketing Management. In Essentials of Management for Healthcare Professionals. https://doi.org/10.4324/9781315099200-17

Kwan Soo Shin, S., Amenuvor, F. E., Basilisco, R., & Owusu-Antwi, K. (2019). Brand Trust and Brand Loyalty: A Moderation and Mediation Perspective. Current Journal of Applied Science and Technology, 38(4), 1–17. https://doi.org/10.9734/cjast/2019/v38i430376

Mabkhot, H. A., Hasnizam, & Salleh, S. M. (2017). The influence of brand image and brand personality on brand loyalty, mediating by brand trust: An empirical study. Jurnal Pengurusan, 50, 71–82. https://doi.org/10.17576/pengurusan-2017-50-07

Mabkhot, H., Shaari, H., & Md. Salleh, S. (2017). The Influence of Brand Image and Brand Personality on Brand Loyalty, Mediating by Brand Trust: An Empirical Study. Jurnal Pengurusan, 50(December 2019), 71–82. https://doi.org/10.17576/pengurusan-2017-50-07

Mishra, M., Kesharwani, A., & Das, D. (2016). The relationship between risk aversion, brand trust, brand affect and loyalty: Evidence from the FMCG industry. Journal of Indian Business Research, 8(2), 78–97. https://doi.org/10.1108/JIBR-04-2015-0045

Pandean, A. V., & Budiono, H. (2021). Brand Image Dan Brand Experience Untuk Memprediksi Brand Loyalty Mcdonald’s Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 156. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11300

Pandiangan, K., & Ali, H. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi Brand Equity?: Brand Trust , Brand Image , Perceived quailty , & Brand Loyality. 2(4), 1–14.

Pratiwi, F. A., & Utama, D. H. (2018). Gambaran Brand Commnication Brand Trust Dan Brand Loyalty Pelanggan Kosmetik Sariayu Di Indonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 3(3), 89–99. https://doi.org/10.17509/jbme.v3i3.14313

Purwati, A. A., Kristanto, K., & Suhermin, S. (2019). ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, DIFERENSIASI PRODUK, DAN STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA DI KOTA PEKANBARU (STUDI KASUS PADA AGUNG TOYOTA HARAPAN RAYA). Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3), 286-296.

Rahmawati, Nurinda, Asep M Ramdan, A. S. (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. 1, 109–119.

Ramdan, A. M., Rahayu, A., Wibowo, L. A., & Dirgantari, P. D. (2021). The effect of uniqueness and student’s experience in improving university image: Empirical study at private universities in Indonesia. Management Science Letters, 11, 357–364. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.9.034

Schiffman, G. L. and joseph wisenblit. (2015). Consumer Behavior Consumer behavior (Issue 23).

Semuel, H., Claranita, L., & Petra, U. K. (2017). Analisa pengaruh product quality terhadap brand loyalty dengan brand trust sebagai variabel mediasi pada madame chang surabaya.

Semuel, H., & Putra, R. S. (2018). Brand Experience , Brand Commitment , Dan Brand Loyalty. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 69–76. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.69

Severi, E., & Ling, K. C. (2013). The mediating effects of brand association, brand loyalty, brand image and perceived quality on brand equity. Asian Social Science, 9(3), 125–137. https://doi.org/10.5539/ass.v9n3p125

Smith, J. G., & Clark, F. E. (2015). Principles of Marketing. In The Economic Journal (Vol. 38, Issue 151). https://doi.org/10.2307/2224326

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

hayati, E., Ramdan, A. M., & Norisanti, N. . (2022). Analisis Kepercayaan Merek dalam Memediasi Hubungan Antara Brand Experience dan Brand Loyalty (Survey Pengguna Produk Garnier Skincare di Kota Sukabumi). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1423–1434. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.552