Analisis Perceived Value Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone (Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Kota Sukabumi)

Authors

  • Rosanti Rosanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

Perceived Value, Lifestyle, Kpeutusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan variabel  perceived value, lifestyle dan keputusan pembelian, juga untuk mengetahui besarnya pengaruh perceived value dan lifestyle terhadap keputusan pembelian produk iphone. Objek pada penlitian ini perceived value, lifestyle dan keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah metode penelitian desktiptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 377 mahasiswa di perguruan tinggi di Kota Sukabumi dengan teknik analisis data regresi linear berganda, koefisien determinasi juga hipotesis. Hasil penelitian menunjukan hasil uji korelasi ganda sebesar R=0.860 dengan interpretasi sangat kuat. Hasil uji koefisien determinasi perceived value dan lifestyle terhadap keputusan pembelian produk iphone yakni sebesar 73,9% dan sisanya sebesar 26,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil pengujian simultan (Uji-F) menunjukan bahwa perceived value dan lifestyle secara bersama mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil uji secara parsial (Uji-t) diperoleh nilai melebihi sig. <0.050 sehingga dinyatakan adanya pengaruh yang posistif signifikan anatara perceived value terhadap keputusan pembelian dan lifestyle terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Perceived Value, Lifestyle, Kpeutusan Pembelian

References

Adityawan, I., & Kusuma, A. (2018). Peran Materialisme Memoderasi Persepsi Nilai dan Consumer Innovativeness terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Produk Iphone di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 248234.

Amstrong, G., Kotler, P., Thrift, V., Buchwitz, L. A., & Gaudet, D. (2017). Marketing In Introduction (C. O’Donnelle (ed.); Sixth Cana). Gary Bannett.

Andi, R. T., & Ali, M. M. (2019). Analysis of the Influence of Lifestyle on Purchasing Decision for Samsung Produk Products in Jakarta. European Journal of Business and Management Research, 4(4). https://doi.org/10.24018/ejbmr.2019.4.4.72

Firnandi, A. G., & Samiono, B. E. (2017). Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Word Of Mouth Smartphone Lokal Dan Smartphone China Di Wilayah Jadetabek. 7(1), 1–19.

Judi, P. D. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (Kesatu). ALFABETA.

Kotler, & Keller. (2016b). Marketing Management (Global Edi). Pearson Education Limited.

Maulidia, S. B. R., & Rachmi, A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Iphone ( Studi Pada Mahasiswa Tingkat I-Iv Prodi Div Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang Tahun. 2–5.

Nuryanti, P. S. & B. I. (2020). Testing the Product Quality, Brand Ambassador, Product Design and Lifestyle against the OPPO Produk Purchasing Decision. . . International Journal of Seocology, 1(3), 121–125.

Prasetyo, S. H., & Suseno, D. (2015). Pengaruh Perceived Value Terhadap KeputusanPembelian Produk Android Dengan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15, 159–166.

Rasyid, M. H. Al, Yuliati, L. N., & Maulana, A. (2017). Analysis of lifestyle, innovation products, and marketing mix of product purchase decision hen’s instant omelette (case study in pt eco Nature multiindo). Independent Journal of Management & Production, 8(2), 519. https://doi.org/10.14807/ijmp.v8i2.553

Saida, Z. (2020). Manajemen Pemasaran Teori & Stra Tegi (Hamdan (ed.); Pertama). Forum Pemuda Aswaja.

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Pembelian Produk Iphone ( Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi ). Cakrawala, 3(1), 1–10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Ummi, R., Asep Muhamad Ramdan, & R. Deni Muhammad Danial. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Produk Halal Terhadap Keputusan Memilih Kosmetik Pada Konsumen Muslim. Sketsa Bisnis, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.35891/jsb.v7i1.2027

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Rosanti, R., Ramdan, A. M. ., & Jhoansyah, D. . (2022). Analisis Perceived Value Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone (Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Kota Sukabumi). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1821–1830. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/884