Analisis Pengaruh Brand Trust dan Brand Engagement Terhadap Brand Loyalty Produk Kosmetik (Survei Pada Wanita Pengguna Produk Kosmetik Maybelline di Kota Sukabumi)

Authors

  • Rosmalianda Aprilia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah
  • Nor Norisanti

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.703

Keywords:

Brand Trust, Brand Engagement, Brand Loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh brand trust dan brand engagement terhadap brand loyalty produk kosmetik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan tehnik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini kepada wanita pengguna produk kosmetik maybelline di Kota Sukabumi.  Dengan menyebarkan kuesioner kepada 384 responden. Tehnik analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian model hipotesis yaitu uji secara parsial dan secara simultan dengan bantuan IBM SPSS statistic versi 25. Hasil yang didapat menunjukan bahwa brand trust terhadap brand loyalty memperoleh nilai sebesar -0,825 dengan taraf signifikasi 0,395 < 0,05 yang artinya tidak ada pengaruh antara brand trust terhadap brand loyalty. Selanjutnya brand engagement terhadap brand loyalty memeperoleh nilai sebesar 17,476 dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05 yang artinya adanya pengaruh antara brand engagement terhadap brand loyalty. Sehingga dapat disimpulkan bahwa brand trust tidak berpengaruh terhadap brand loyalty dan brand engagement berpengaruh terhadap brand loyalty.

Kata Kunci Brand Trust, Brand Engagement, Brand Loyalty.

References

Andira, F. D., Komariah, K., & Norisanti, N. (2020). Analisis Web Service Quality Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Shopee (Survei Pada Pengguna Online Shop Kawaidollshop Di Sukabumi). Syntax Idea, 2(7), 216–224.

Andrian. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. I(1).

Erianti, D., & Athanasius, S. S. (2020). Peran Brand Trust dalam Pengaruh Kredibilitas Selebgram Endorser dan Perceived Value terhadap Brand Loyalty Pada Produk Kosmetik Di Semarang. Jemap, 2(2), 287. https://doi.org/10.24167/jemap.v2i2.2459

France, C., Merrilees, B., & Miller, D. (2016). An integrated model of customer-brand engagement: Drivers and consequences. Journal of Brand Management, 23(2), 119–136. https://doi.org/10.1057/bm.2016.4

Hollebeek, L. D., Glynn, M. S., & Brodie, R. J. (2014). Consumer brand engagement in social media: Conceptualization, scale development and validation. Journal of Interactive Marketing, 28(2), 149–165. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.12.002

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). In Marketing Manajement (15e Global). Pearson Education Limited.

Kustini, N. I. (2011). Experiential Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and Their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product. Journal of Economics, Business, and Accountancy | Ventura, 14(1), 19–28. https://doi.org/10.14414/jebav.v14i1.12

Risitano, M., Romano, R., Sorrentino, A., & Quintano, M. (2017). The impact of consumer-brand engagement on brand experience and behavioural intentions: An Italian empirical study. British Food Journal, 119(8), 1884–1896. https://doi.org/10.1108/BFJ-11-2016-0579

Sarmad, M., Ahmad, N., Khan, M., Irfan, M., & Atta, H. (2020). Investigating the Moderating Role of Trust Between Social Media Capabilities and Consumer Brand Engagement Across Textile Sector of Pakistan. International Review of Management and Marketing, 10(4), 53–62. https://doi.org/10.32479/irmm.9894

Sciffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer behavior. In Consumer Behavior (11th ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/https://doi.org/10.5005/jp/books/11120_9

Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 32(1), 25–41. http://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/view/3194

Wienclaw, R. A. (2019). Marketing Management. In Salem Press Encyclopedia (p. 8). http://e-resources.perpusnas.go.id:2367/eds/detail/detail?vid=1&sid=fbed2af4-2079-469c-8de0-3fb28d1ef506%40sdc-v-sessmgr03&bdata=JnNpdGU9ZWRzLWxpdmU%3D#AN=89163857&db=ers

Yuliani Noorsanti, S. A. (2020). Pengaruh Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Moisturizer Lightening Cream Wardah. 3, 1371–1382.

Zebuah, A. J. (2018). Analisis Identitas Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 61–68. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.61-68

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Aprilia, R., Komariah, K., & Norisanti, N. (2022). Analisis Pengaruh Brand Trust dan Brand Engagement Terhadap Brand Loyalty Produk Kosmetik (Survei Pada Wanita Pengguna Produk Kosmetik Maybelline di Kota Sukabumi). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 1980–1987. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.703