Analisis endorser credibility joe taslim dengan self brand connection terhadap brand equitty

Authors

  • Sami Raras Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhammad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.808

Keywords:

endorser credibility, self brand connection, brand equity

Abstract

Penggunaan skincare untuk menjaga kesehatan kulit sangat penting dilakukan karena pada masa sekarang ini semakin banyaknya polusi udara yang tidak hanya berdampak pula pada kesehatan tubuh tapi berdampak pula pada kesehatan kulit, (Kusumoastuti, 2020). Menurut survei yang dilakukan oleh Euromonitor pada Juni 2020, terjadinya peningkatan pada pria Indonesia dalam melakukan perawatan tubuh dan wajah. Garnier adalah salah satu merek pembersih wajah Garnier adalah salah satu merek pembersih wajah pria yang menggunakan selebriti endorser  untuk meningkatkan brand equity. Meskipun Garnier sudah menggunakan Joe Taslim sebagai endorser, tapi faktanya berdasarkan hasil survei Top Brand Index menunjukan bahwa Garnier tidak menjadi pilihan utama dihati konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Endorser credibility Joe Taslim dengan Self-brand Connection terhadap Brand equity “Garnier Men”. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 361 pelajar SMA pengguna produk Garnier Men di Kota Sukabumi. Dengan teknik analisis menunjukan bahwa endorser credibility dan self brandconnection berpengaruh signifikan terhadap brand equity.

kata kunci : kredibilitas endorser, ekuitas merek, koneksi merek diri

References

Aryatilandi, S., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). ISSN?: 2654-4326 Analisis Word Of Mouth Dan Brad Image Terhadap Keputusan. 3(1), 54–65.

Keller, K. L. (2018). Marketing Management.

Khafidin. (2020). Sistem kognitifindividu dan perencanaan pesan iklan dalam perilaku konsumen. 2.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.

Nawa nisa ulin, & Anas, H. (2020). Peran Self-Brand Connection dalam Memediasi Kredibilitas Endorser terhadap Ekuitas Merek pada Marketplace Shopee. 04, 59–71.

Ni Putu Maha Dewi Widyajyanti. (2017). PEran Self-Brand Connection Dalam Memediasi Pengaruh Kredibilitas Endorser Terhadap Brand Equity Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Perusahaan dituntut agar dapat lebih memperlihatkan kreatifitas mereka dan mempunya. 6(6), 3342–3369.

Pandiangan, K., & Atmogo, Y. D. (2021). Faktor faktor yang Mempengaruhi brand equity?: brand trust , brand image , Perceived quality , & brand loyalty. 2(4), 471–484.

Stephanie, E. (2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kredibilitas endorser terhadap minat beli melalui sikap atas iklan pada produk shampo L’Oreal di Surabaya. 2(2), 1–21.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta,Cv.

Tanjung, H. S. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Siswa Materi Pokok Pecahan Di Kelas Iii Sd Negeri 200407 Hutapadang. 3(1), 35–42.

TBI. (2019). Top Brand Pencuci Wajah. https://www.topbrand-award.com/en/2019/04/sabun-pembersih-wajah/

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Raras, S. ., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2022). Analisis endorser credibility joe taslim dengan self brand connection terhadap brand equitty. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2210–2218. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.808