Analisis Short Video Marketing dan Persepsi Merek Terhadap Minat Beli (Survei pada Pengikut Akun Tiktok @vivo_indonesia)

Authors

  • Shalwa Mega Mega Utami Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Deni Muhammad Danial Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.621

Keywords:

Short Video Marketing, Persepsi Merek, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh short video marketing terhadap minat beli dan pengaruh persepsi merek terhadap minat beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu pengikut akun Tiktok @vivo_indonesia dengan menggunakan metode simple random sampling dan melakukan penyebaran kuesioner online sebanyak 399 responden. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala semantic differensial. Dalam teknis analisis data penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, analisis kofisien korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda dengan bantuan pengolahan data menggunakan software SPSS 26. Pengujian hipotesis secara simultan (Uji F), dan pengujian hipotesis secara parsial (Uji T) yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.

 

Kata kunci           : Short Video Marketing, Persepsi Merek, Minat Beli

References

Ewy ?nie?ek. (2017). trendy w biznesie.

Foroudi, P., Jin, Z., Gupta, S., Foroudi, M. M., & Kitchen, P. J. (2018). Perceptional components of brand equity: Configuring the Symmetrical and Asymmetrical Paths to brand loyalty and brand purchase intention. Journal of Business Research, 89(June 2017), 462–474. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.01.031

Galak, B. B. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan. 563–577.

Hu TAO, J. Y. (2018). On the marketing model of short video. 119 – 121.

KIBERA, B. K. (2019). Effects Of Brand Perception, Information And Previous Usage On Purchase Intention: A Case Of Diageo.

Kokom Komariah. (2019). Determinasi Emosional Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Skin Care Clinic. ???????????????, 5, 1–9.

LIU, Gao-fu, Yu-chun LI, P. G. & Z. Z. (2019). Research on the Influence of Social Media Short Video Marketing on Consumer Brand Attitude. 336(Icsshe 19), 784–789.

Liu, G., Gao, P., Li, Y., & Zhang, Z. (2019). Research on the Influence of Content Features of Short Video Marketing on Consumer purchase intentions. 351(Mmetss), 415–422. https://doi.org/10.2991/icsshe-19.2019.192

Muchlisin Riadi. (2018). Aspek, Jenis, Tahapan dan Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli. 22 Desember 2018. https://www.kajianpustaka.com/2018/12/aspek-jenis-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-beli.html

NGUYEN, N. T. (2021). The Influence of Celebrity Endorsement on Young Vietnamese Consumers’ Purchasing Intention*. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 951–960. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.951

Onu, C. A., Nwaulune, J., Adegbola, E. A., & Nnorom, G. (2019). The effect of celebrity physical attractiveness and trustworthiness on consumer purchase intentions: A study on nigerian consumers. Management Science Letters, 9(12), 1965–1976. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.7.009

Purnamasari, W., Rohmatiah, A., & Indartini, M. (n.d.). Pengaruh Harga , Promosi Dan Saluran Distribusi Semen Gresik Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus di Distributor PT Abadi Putera Wirajaya ). 10, 40–50.

PUTRI, A. W. (2021). Analisis kesadaran merek dalam memediasi hubungan antara asosiasi merek terhadap keputusan pembelian smartphone oppo.

Ramadhani, A. (2019). Kira-kira bagaimana sih sejarah perkembangan ponsel pintar yang kita pakai saat ini? Brilio. Net. https://www.brilio.net/creator/menelusuri-sejarah-perkembangan-smartphone-dari-zaman-ke-zaman-6a3a2e.html

Zakiah, N. (n.d.). 7 Brand HP yang Kuasai Pasar Indonesia, Banyak yang Punya. IDN TIMES. https://www.idntimes.com/tech/gadget/nena-zakiah-1/brand-smartphone-yang-menguasai-market-indonesia/2/7

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Mega Utami, S. M. ., Komariah, K. ., & Danial, D. M. . (2022). Analisis Short Video Marketing dan Persepsi Merek Terhadap Minat Beli (Survei pada Pengikut Akun Tiktok @vivo_indonesia). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1655–1660. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.621