Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Viral Marketing Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pemasaran Produk MS Glow Pada Followers Instagram @Tunis.Store)

Authors

  • Siti Latifah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Faizal Mulia Z Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.697

Keywords:

Celebrity Endorsement, Viral Marketing, Proses Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian produk MS Glow pada followers Instagram @tunis.store. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 391 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorsement dan viral marketing berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Pengaruh celebrity endorsement terhadap proses keputusan pembelian sebesar 0,285, dan pengaruh viral marketing terhadap proses keputusan pembelian sebesar 0,674, dan kontribusi celebrity endorsement dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian yaitu sebesar 87,8%, dan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian sebesar 12,2%.
Kata Kunci : Celebrity Endorsement, Viral Marketing, Proses Keputusan Pembelian

References

Agam, D. N. L. A. (2017). The Impact of Viral Marketing Through Instagram The Impact of Viral Marketing Through Instagram. Journal of Business Management, 4(September), 7.

Astuti, W., Harimurti, C., & Purnaya, I. N. (2020). Pengaruh Pengendalian Jumlah Pembelian Terhadap Pengadaan Material Di Pt . Antero Makmur. 1, 104–115.

Compas.co.id. (2021). Perawatan Tubuh Terlaris pada Agustus 2021.

Dewi, N. N. A. D. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.

Khan, A., & Lodhi, S. (2016). Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Decision: a Case of Karachi. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 2(1), 102–111.

Komariah, K., Abdurohim, N. M., & Muhammad Danial, R. D. (2021). Celebrity Endorment And Content Instamarketing Of Purchase Intention Beauty Products. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 278–283. https://doi.org/10.36555/almana.v5i2.1689

Mulia, F., Komariah, K., & Rizky, N. P. N. (2020). Analisis Kredibilitas Celebrity Endorser Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness. Syntax Idea: P–ISSN: 2684-6853 e-ISSN: 2684-883X. 2(7). Juli 2020 ANALISIS, 9(May), 6.

Mulia, F., Rostianto, M. M. E.-M., & Ramdan, A. M. (2019). Daya Tarik Testimonial di Sosial Media dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 3(1), 8–14. https://doi.org/10.31539/costing.v3i1.551

Permadi, A. S., Purtina, A., Palangkaraya, M., Raya, P., Tengah, K., Palangkaraya, U. M., Raya, P., & Tengah, K. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Dasar, 16–21.

Purba, R. (2016). Pengaruh Viral Marketing Melalui Aplikasi Line Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa Telkom University Pada Tahun 2016). Jurusan D3 Manajemen Pemasaran, Universitas Telkom, 3(2), 103–111.

Setiawan, L. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi pada Produk Green Tea Esprecielo Allure. Manajemen Pemasaran, 12(1), 53–59. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.53

We Are Social & Hootsuite. (2020). Indonesia Digital report 2020. Global Digital Insights, 43.

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Siti Latifah, Komariah, K., & Mulia Z, F. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Viral Marketing Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pemasaran Produk MS Glow Pada Followers Instagram @Tunis.Store). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 1988–1995. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.697