Analisis Green Awareness dan Green Perceived Value Terhadap Minat Beli Kantong Belanja Ramah Lingkungan (Tote Bag)

Authors

  • Siti Nuraminah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Erry Sunarya Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.614

Keywords:

green awareness; green perceived value; dan minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green awareness dan green perceived value terhadap minat beli kantong belanja ramah lingkungan (tote bag). Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah green awareness (x1) dan green perceived value (x2) yaitu sebagai variabel independent dan minat beli (y) sebagai variabel dependent. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif dengan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 26. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang merupakan followers instagram Toserba Yogya Sukabumi.  Menggunakan penyebaran kuesioner kepada 117 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis regresi linier berganda. Hasil yang didapatkan menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara green awareness dan green perceived value terhadap minat beli konsumen followers instagram pada kantong belanja ramah lingkungan (tote bag) berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan dan parsial.

Kata Kunci : green awareness, green perceived value, minat beli

References

Ayodele, A. A., Panama, A. E., & Akemu, E. (2017). Green Awareness and Consumer Purchase Intention of Environmentally-Friendly Electrical Products in Anambra, Nigeria. Journal of Economics and Sustainable Development, 8(22), 98-112–112.

Aziz, A., & Gumilang, S. F. S. (2018). Rancangan Fitur Aplikasi Pengelolaan Administrasi dan Bisnis Bank Sampah di Indonesia. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 0(0), 208. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/360

Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2012). Enhance green purchase intentions: The roles of green perceived value, green perceived risk, and green trust. Management Decision, 50(3), 502–520. https://doi.org/10.1108/00251741211216250

Hendra, Y. (2016). Perbandingan Sistem Pengelolaan Sampah di Indonesia dan Korea Selatan: Kajian 5 Aspek Pengelolaan Sampah. Aspirasi, 7, 77–91.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2019). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.75/Menlhk/Setjen/Kum.1/10/2019 Tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah Oleh Produsen. Permen KLHK No75/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 Tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah Oleh Produsen, 53(9), 1689–1699.

Komala, C. C., Norisanti, N., & M. Ramdan, A. (2019). Analisis Kualitas Makanan dan Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen pada Industri Rumah Makan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.35130/jrimk.v3i2.62

Law, K. L., Starr, N., Siegler, T. R., Jambeck, J. R., Mallos, N. J., & Leonard, G. H. (2020). The United States’ contribution of plastic waste to land and ocean. Science Advances, 6(44), 1–8. https://doi.org/10.1126/sciadv.abd0288

Meilisa, M. (2020). Kontribusi Green Perceived Value, Green Perceived Risk, Green Trust, dan Green Awareness dalam Meningkatkan Green Phurchase Intention. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 31. https://doi.org/10.33603/jibm.v4i1.3354

Rini, A. S., Sukaatmadja, I. P. G., & Giantari, I. G. A. K. (2017). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Sikap Dan Niat Beli Produk Hijau “the Body Shop” Di Kota Denpasar. Bisnis Universitas Udayana, 6(1), 137–166.

Santika, E. D., Ramdan, A. M., & Danial, D. M. (2021). Peran Kesadaran Halal dan Efektivitas Iklan Youtube Terhadap Minat Pembelian Kosmetik Sariayu. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 172. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.30638

Suharmiati, & Harni, B. (2018). Peluang Bisnis Kantong Belanja Ramah Lingkungan Berbasis Pada Perilaku Konsumen Ritel Modern akan kantong Plastik Berbayar. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 5(2), 133–144. https://doi.org/10.37641/jimkes.v5i2.78

Downloads

Published

2022-07-24

How to Cite

Nuraminah, S., Ramdan, A. M. ., & Sunarya, E. . (2022). Analisis Green Awareness dan Green Perceived Value Terhadap Minat Beli Kantong Belanja Ramah Lingkungan (Tote Bag). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1592–1600. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.614