Analisis E-Service Quality dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Dompet Digital
DOI:
https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.761Keywords:
E-Service Qualty,Perceived Value,Kepuasan PelangganAbstract
Manajemen Pemasaran adalah proses untuk menciptakan dan mempertahankan target pasar dengan cara memasarkan suatu produk atau bisnis yang dikelola untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran e-service quality,perceived value dan kepuasan pelanggan pada mahasiswa di Kota Sukabumi pengguna aplikasi OVO, untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan pada mahasiswa di Kota Sukabumi pengguna aplikasi OVO, untuk mengetahui pengaruh perceived value terhadap kepuasan pelanggan pada mahasiswa di Kota Sukabumi pengguna aplikasi OVO. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer dengan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi. Regresi linear digunakan untuk teknis analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa e-service quality dan perceived value keduanya berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : E-Service Qualty,Perceived Value,Kepuasan Pelanggan
References
Almas, D. A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Moderating Pada Koetaradja Coffee Binjai. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).
Munggaran, A. P., & Danial, R. D. M. (2020). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Experiential Marketing dan Nilai Pelanggan. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 2(1), 360-371.
Ashoer, M. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pelanggan Situs Toko Online Brodo. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 15(3), 238-251.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57-65.
I Irwansyah, A., & Mappadeceng, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction Pada Toko On Line Buka Lapak. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 3(2), 128-136.
Kurniasih, R. (2018). Analisis perilaku konsumen terhadap produk batik tulias Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 20(1).
M. Riszhaldi Dwi Cahya N., Acep Samsudin, K. K. (2020). Kekuatan Servicescape Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(1), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Tanasiichuk, A., Hromova, O., Kovalchuk, S., Perevozova, I., & Khmelevskyi, O. (2020). Scientific and methodological approaches to the evaluation of marketing management of enterprises in the context of international diversification. European Journal of Sustainable Development, 9(3), 349–375. https://doi.org/10.14207/ejsd.2020.v9n3p349