Analisis Kapabilitas Khas Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keungulan Bersaing Pada UMKM Makanan Tradisional Khas Sukabumi

Authors

  • Sri Tania Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Erry Sunarya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhammad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.737

Keywords:

kapabilitas khas, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing

Abstract

Makanan Tradisional merupakan makanan yang dikonsumsi sejak generasi terdahulu yang menjadi khas suatu daerah dan telah disesuaikan dengan cita rasa selera masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kapabilitas khas dan orientasi kewirausahan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM makanan tradisional khas Sukabumi. Penelitian ini menggunakan kapabilitas khas, orientasi kewirausahaansebagai variabel bebas dan keunggulan bersaing sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 UMKM makanan tradisional khas Sukabumi yang diambil dengan teknik sampel jenuh. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini didapatkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kapabilitas khas terhadap keunggulan bersaing dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM makanan tradisional khas Sukabumi.

Kata Kunci : kapabilitas khas, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing

References

Ciptagustia, A. (2019). Pengaruh Manajemen Talenta Terhadap Distinctive Capabilities serta Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing Industri Furniture Rotan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.29313/performa.v16i2.4476

Fatmawati, R. A. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Pada Warung Kucingan atau Angkringan di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Feranita, N. viana, & Setiawan, hendra aris. (2018). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orinetasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen, 18(1), 54–70.

Hati, S. W., & Irawati, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kota Batam. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 545–558.

Kusuma, komang aditya nanda, & Rastini, ni made. (2017). Peran Kunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 254627.

Lisnawati, L. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Distinctive Capability Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing Umkm Kota Bandung Sebagai Industri Kreatif (Survei Pada Empat Sentra Umkm Unggulan Kota Bandung). Strategic?: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 11(1), 70. https://doi.org/10.17509/strategic.v11i1.1105

Nurwantika, tia aliana, & Suwatno. (2019). Pengaruh Distinctive Capability Pada Objek Wisata Alam Taman Bunga Nusantara Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Taman Bunga Nusantara). Tourism and Hospitality Essentials Journal, 2(1), 201. https://doi.org/10.17509/thej.v2i1.1934

Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan Bersaing Usaha Cake dan Bakery?: Peran Orientasi Pasar , Orientasi Kewirausahaan , dan Inovasi Produk. Jurnal Manajemen, 10(2), 88–96. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/4080

Putri, karina anastasya. (2019). Peningkatan Minat Terhadap Makanan Tradisional Melalui Modifikasi Topping Kue Lupis Bakar Kekinian. Jurnal Manajemen. https://doi.org/10.31227/osf.io/7b6xk

Ramdan, asep muhamad, Rahayu, A., Wibowo, lili adi, & Dirgantari, puspo dewi. (2021). The effect of uniqueness and student’s experience in improving university image: Empirical study at private universities in Indonesia. Management Science Letters, 11, 357–364. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.9.034

Sartika, S., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Strategi Resource Based View Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Di Sentra Jeans Cihampelas Bandung. Journal Of Economics, Management, Business, And Accounting, 1(1), 107–116.

Supranoto, M. (2018). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar. http://eprints.undip.ac.id/24205/1/MEIKE_SUPRANOTO.pdf

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Nurhasanah, S. T. ., Sunarya, E., & Ramdan, A. M. (2022). Analisis Kapabilitas Khas Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keungulan Bersaing Pada UMKM Makanan Tradisional Khas Sukabumi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2154–2160. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.737