Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Uang Elektronik Busway Pada Vending Machine

Authors

  • Anissa Fitria Damayanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Faizal Mulia Z Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.660

Keywords:

kemudahan pengguna, vending manchine, kualitas layanan elektronik, keputusan pembelian.

Abstract

Perkembangan era globalisasi telah membawa perubahan berbagai hal yang mengalami modern, salah satu nya yaitu sarana transportasi, Salah satu perjalanan menggunakan transportasi umum yang banyak di minati masyarakat yaitu Bus Transjakarta yang pada umumnya di sebut Busway transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daripengaruh Kemudahan penggunaan  dan Kualitas layanan elektronik terhadap keputusan pembelian  kartu dan isi ulang kartu uang elektronik busway pada vending manchine . Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ialah Kemudahan penggunaan  dan Kualitas layanan elektronik sebagai variabel bebas, keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 400 pengguna Bus transjakarta pengambilan sampel mengunakan metode purposive sample. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan dibantu aplikasi pengolah data SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini ialah adanya pengaruh positif dan signifikan antara Kemudahan penggunaan  terhadap keputusan pembelian  dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas layanan elektronik terhadap keputusan pembelian pada kartu dan isi ulang kartu uang elektronik busway pada vending manchine

Kata Kunci : kemudahan pengguna, vending manchine, kualitas layanan elektronik, keputusan pembelian.


 

References

BPS Provinsi DKI jakarta. (n.d.). Jumlah Penumpang dan Pendapatan Trans Jakarta menurut Koridor/Rute 2019-2020. https://jakarta.bps.go.id/indicator/17/812/1/jumlah-penumpang-dan-pendapatan-trans-jakarta-menurut-koridor-rute.html

Gata, W. (2021). Penerapan Konsep Finite State Automata Pada Vending Machine Dalam Pembelian Kartu E-Money Semua Bank Konvensional. 5(2), 86–90.

Kusnanto, D., & Oktaviani, Riska ayu, R. (2020). Pengaruh Trust Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 40. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i1.912

Mustapha, B., & Obid, S. N. B. S. (2018). Tax Service Quality: The Mediating Effect of Perceived Ease of Use of the Online Tax System. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 2–9. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.328

Novita Aprilya Lestarie et al. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Keputusan Pembelian. 13(02), 194–200.

Pelealu, D. R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang Diprediksi Oleh Servqual, Service Innovation dan Brand Image Melalui Customer Satisfaction. 10(2016), 141–156.

Robertus Rony Setiawan. (2020). gaya hidup pandemi covid 19. https://www.alinea.id/gaya-hidup/pandemi-covid-19-

Rostianto, M. M. E.-M., Ramdan, A. M., & Mulia, F. (2019). Daya Tarik Testimonial di Sosial Media dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 3(1), 8–14. https://doi.org/10.31539/costing.v3i1.551

Setiawan, Maggie & Setyawati, C. Y. (2020). To Use Mobile Payment?: Attitude Toward Using As. Journal of Accounting and Strategic Finance, 3(1), 18–32.

Sylvira Ananda Azwar, & Yusuf Abdurrohman. (2021). Pengaruh Pandemik Covid-19 Terhadap Gerakan Transportasi Di Jabodetabek. Logistik, 14(1), 27–36. https://doi.org/10.21009/logistik.v14i1.20498

Wadjdi, F., & Djamin, Z. (2021). The Relationship between E-Service Quality and Ease of Use on Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Performance Mediating by Brand Image. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 21(4), 9–19. https://doi.org/10.9734/ajeba/2021/v21i430367

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Damayanti, A. F. ., Komariah, K., & Mulia Z, F. . (2022). Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Uang Elektronik Busway Pada Vending Machine. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 1946–1952. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.660