Analisis Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse Buying

Authors

  • Andyta Rizki Octaviana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Faizal Mulia Z. Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.691

Keywords:

Shopping lifestyle, hedonic shopping motivation, flash sale, impulse buying

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh shopping lifestyle, hedonic shopping motivation dan flash sale terhadap online impulse buying. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Shopee di Perguruan Tinggi Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan teknik sampel probability sampling dengan jenis cluster sampling. Penarikan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dan diperoleh sebanyak 395 responden. Dalam penelitian ini menggunakan regresi liner berganda menggunakan software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa shopping lifestyle, hedonic shopping motivation dan flash sale berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap online impulse buying.

Kata Kunci: shopping lifestyle, hedonic shopping motivation, flash sale, online impulse buying

References

Afifaha, F., Komariah, K., & Norisanti, N. (2020). Efektivitas E-Service Quality dan Customer Feedback terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Reddoorz. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 177–185.

Ahn, J., & Kwon, J. (2020). The role of trait and emotion in cruise customers’ impulsive buying behavior: an empirical study. Journal of Strategic Marketing, 00(00), 1–14. https://doi.org/10.1080/0965254X.2020.1810743

Darwipat, D., & Syam, A. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Enterpreneur Studies.

Databoks. (2021, October 14). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia#:~:text=Berdasarkan data internetworldstats%2C pengguna internet,pengguna internet terbanyak di Asia.

Databoks. (2021a). 10 E-commerce dengan Pengunjung Terbesar pada Kuartal IV 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/11/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar-pada-kuartal-iv-2020

Dawson, S., & Kim, M. (2009). External and internal trigger cues of impulse buying online. Direct Marketing, 3(1), 20–34. https://doi.org/10.1108/17505930910945714

Haryanto, R. (2020). Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik) (A. Wafi (ed.)). Duta Media Publishing.

Horváth, C., & Ad?güzel, F. (2018). Shopping enjoyment to the extreme: Hedonic shopping motivations and compulsive buying in developed and emerging markets. Journal of Business Research, 86(August 2017), 300–310. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.07.013

Hursepuny, C. V., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee _ Id. E-Proceeding of Management, 5(1), 1041–1048.

Ika, N., Fitriyah, Z., & Dewi, N. C. (2020). IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 1, 57–62.

Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The effects of mobile marketing, discount, and lifestyle on consumers’ impulse buying behavior in online marketplace. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1569–1577.

Jatmiko-Bisnis.com, L. D. (2020). APJII: 196,7 Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet. https://teknologi.bisnis.com/read/20201110/101/1315765/apjii-1967-juta-warga-indonesia-sudah-melek-internet.

Joshi, S., & Domb, M. (2017). Impact of Flash Sales on Consumers & E-Commerce Industry in India. November. https://doi.org/10.5176/2251-2012

Katadata. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta.

Mooij, M. de. (2019). Consumer Behavior & Culture (3rd Editio). SAGE Publications.

Nastiti, R., & Nugroho, E. S. (2020). The Effect Of Flash Sale And Discount Towards Impulsive Buying ( Study On Shopee Users ). 22(4), 1–8.

Paramita, N. (2015). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Surabaya Niza Paramita Suhermin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( Stiesia ) Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 4, 1–17.

Paramita, N. (2015). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Surabaya Niza Paramita Suhermin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 4, 1–17.

Sopiyan, & Neny. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 207–216. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.115

Sucidha, I. (2019). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. At-Tadbir?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31602/atd.v3i1.1705

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.cv.

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion , Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada E-Commerce Shopee. 2(April), 144–154.

Zurit, R. A., Ariyanti, M., & Sumrahadi. (2016). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online (Studi Pada Konsumen Mataharimall . Com ) the Influence of Hedonic Shopping Motivation on Impulse Buying At the Onliine Store ( a Study on Consumer At the Mataharimall. Com ). E-Proceeding of Management, 3(3), 2688–2695.

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Octaviana, A. R., Komariah, K., & Mulia Z., F. (2022). Analisis Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse Buying . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 1961–1970. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.691