Orientasi Pelanggan Dan Strategi Pomosi Terhadap Kineja Pemasaran (Survey Pada Industri Kerajinan Bambu Di Kabupaten Sukabumi)

Authors

  • Amira Tussa'Adah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • R Deni Muhammad Danial Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.561

Keywords:

orientasi pelanggan, strategi promosi, kinerja pemasaran

Abstract

Ditengan bergulirnya Perkembangan Teknologi yang semakin cepat  dan Modern hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi masyarakat. Pengaruh perekonomian ini tentunya didorong oleh Sektor Industri Kerajinan Bambu yang mampu mendongkrak daya saing Industri Kecil  Menengah (IKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif, dengan hasil kuantitatif.  dengan 100 Responden industri kerajinan bambu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas, Koefisien Korelasi, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi. Dari hasil penenelitian ini menunjukan bahwa orientasi pelanggan Berpengaruh Signifikan terhadap Kinerja Pemasaran, dan Strategi promosi juga berpengaruh signifikan terhadap Kinerja pemasaran.

Keywords : Orientasi Pelanggan, Strategi Promosi, Kinerja Pemasaran

References

Annisa, N., Roswaty, R., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Kosmetik Sari Ayu di Outlet Mall Palembang Icon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i2.127

Dewi, S. N., & Nuzuli, T. (2017). Peran Promotional Mix Sebagai Varibel Moderasi Orientasi Pelanggan dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris pada UKM Rumah Makan di Kabupaten Sragen). Ekuilibrium?: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 12(2), 140. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v12i2.676

Huda, A. M., & Martanti, D. E. (2018). Pengantar manajemen strategik. In Jayapangus Press Books.

Liliyan, A. (2020). Entrepreneurial Marketing dan Trust Terhadap Marketing Performance. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(4), 531–547. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i4.2714

Mardiyono, A. (2018). Analisis Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah Di Kota Semarang. Serat Acitya, 7(1), 2302–2752. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/sa/article/viewFile/701/674

Methasari, M., Kurniawan, G., & Sidik, A. R. (2018). Analisis Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Di Kabupaten Madiun. Dinamika Governance?: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(2). https://doi.org/10.33005/jdg.v8i2.1192

Munggaran, A. P., Danial, R. D. M., & Z., F. M. (2020). PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI EXPERIENTIAL MARKETING DAN NILAI PELANGGAN. 2, 360–371.

Ningsih, D. N., & Hidayat, C. W. (2017). Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli. Journal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1), 1–6.

Risnanamawati, Sunarya, E., & Jhoansyah, D. (2022). SERVICE QUALITY MUTHAWIF DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN TOUR DAN TRAVEL. ????, 4(8.5.2017), 2003–2005.

Riswanto, A., Rasto, Hendrayati, H., Saparudin, M., Abidin, A. Z., & Eka, A. P. B. (2020). The role of innovativeness-based market orientation on marketing performance of small and medium-sized enterprises in a developing country. Management Science Letters, 10(9), 1947–1952. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.2.019

Saputra, H., & Aqmala, D. (2018). Pengaruh Orientasi Pelanggan, Penjualan Adaptif, Dan Kualitas Hubungan Tenaga Penjual-Pelanggan Terhadap Kinerja Tenaga Penjual. Jurnal Bisnis Terapan, 2(01), 17–34. https://doi.org/10.24123/jbt.v2i01.1083

Sari, F. A. P. W., & Farida, N. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(10), 345–352.

Setiawan, B. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Bambu di Wilayah Kampung Pajeleran Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 1(2), 135. https://doi.org/10.29244/jmo.v1i2.14158

Sidiq, A., & Astutik, E. P. (2017). Analisis Kapabilitas Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Bisnis Ukm Dengan Orientasi Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada UKM Sektor Manufaktur di Wilayah Solo Raya). Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(1), 9–27. https://doi.org/10.24856/mem.v32i1.467

Simamora, D. B. (2017). Ruang Lingkup Pemasaran Strategik. Manajemen Pemasaran, 1–61. Dr. Bilson Simamora pemasaran strategik.pdf

Teguh, R. (2021). No Title. https://www.jabarprov.go.id/index.php/news/44270/2021/10/12/Kawasan-Ekonomi-Khusus-Sukabumi-dapat-Mendorong-Pertumbuhan-Ekonomi-Jawa-Barat

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Tussa’Adah, A. ., Danial, R. D. M., & Jhoansyah, D. (2022). Orientasi Pelanggan Dan Strategi Pomosi Terhadap Kineja Pemasaran (Survey Pada Industri Kerajinan Bambu Di Kabupaten Sukabumi) . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1435–1442. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.561