Analisis Manajemen Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaaan Sub Sektor Perdagangan Ritel Periode 2018-2020

Authors

  • Afra Maulia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.655

Keywords:

Manajemen Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh manajemen modal kerja, ukuran perusahaan, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Perusahaan yang menjadi sampel sebanyak 20 perusahaan yang merupakan hasil dari metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Modal Kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Ukuran Perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) Leverage secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) Pertumbuhan Penjualan secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan (5) Manajemen Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sub sektor perdagangan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan tingkat pengaruh sebesar 23,6%.

Kata Kunci : Manajemen Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Afra Maulia, Jhoansyah, D., & Ramdan, A. M. (2022). Analisis Manajemen Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaaan Sub Sektor Perdagangan Ritel Periode 2018-2020. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2050–2061. https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.655