Analisis Brand Image dalam Memediasi Electronic Word of Mouth Terhadap Online Purchase Intention

Authors

  • Adinda Indriana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • R. Deni Muhammad Danial Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.558

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Minat Beli Online

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek dalam memediasi hubungan antara e-WOM  terhadap minat beli online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswi followers instagram @scarlett_whitening di Perguruan Tinggi di Kota Sukabumi, dengan menggunakan metode probability sampling. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner online kepada 400 responden. Structural Equational Modeling (SEM) digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini dengan bantuan pengolahan data menggunakan software IBM SPSS AMOS 24. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa e-WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek, citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli online, dan citra merek memediasi secara positif dan signifikan hubungan antara e-WOM terhadap minat beli online.

Kata kunci: Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Minat Beli Online

References

Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Dipenogoro Journal Of Management, 6, 1–14.

Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104.

Amalia, R., & Putri, S. R. (2018). Pengaruh E-WOM Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee. ID. Jurnal Ilmiah Mahasiswa EKonomi Manajemen, 3(2), 75–84.

Aryatilandi, S., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Analisis Word Of Mouth Dan Brad Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Sukabumi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 3(1), 54–65.

Eka Fatin Oktaviani, R. H. S. (2020). Pengaruh Kredibilitas Endorser Rachel Vennya Terhadap Minat Beli Scarlett Whitening. Management, 7(2), 4695–4704.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemem Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi Keli. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43.

Jordan, G., Leskovar, R., & Mari?, M. (2018). Impact of Fear of Identity Theft and Perceived Risk on Online Purchase Intention. 51(2).

Kala, D., & Chaubey, D. S. (2018). The effect of eWOM communication on brand image and purchase intention towards lifestyle products in India. International Journal of Services, Economics and Management, 9(2), 143–157.

Kemp, S. (2021). DIGITAL 2021:Indonesia. DATAREPORTAL.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (7 edition). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Global Edition. Pearson.

Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh E-WOM Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial, 1(46), 34–39.

Nurwibowo, R. W. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Fashion Online Melalui Jejaring Sosial Instagram (Studi pada Pengguna Instagram di Kota Semarang ). Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.

Park, J., Hyun, H., & Thavisay, T. (2021). A study of antecedents and outcomes of social media WOM towards luxury brand purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services.

Poernamawati, D. E. (2019). Analisis Dimensi Electronic Word of Mouth (Ewom) Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Kunjungan Pada Obyek Wisata Di Malang Raya. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 12(2), 127.

Rahman, A. (2020). Brand Image, eWOM, Trust and Online Purchase Intention of Digital Products among Malaysian Consumers. Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, XII(III), 4935–4946.

Sandy, K., Thoyib, S., & Christianingrum. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung. Holistic Journal of …, I(1).

Zap Clinic (2021), "ZAP Beauty Index 2021" https://zapclinic.com/zapbeautyindex

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Indriana, A., Ramdan, A. M. ., & Danial, R. D. M. (2022). Analisis Brand Image dalam Memediasi Electronic Word of Mouth Terhadap Online Purchase Intention. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1405–1412. https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.558