PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO SINIAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA INSPIRATIF SISWA KELAS IX SMPN 13 KOTA SUKABUMI TAHUN AJAR 2021/2022

Wadiah, Nenden and Agistiani, Tanti and Suparman, Fauziah (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO SINIAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA INSPIRATIF SISWA KELAS IX SMPN 13 KOTA SUKABUMI TAHUN AJAR 2021/2022. utile: Jurnal Kependidikan, 8 (1). pp. 40-49. ISSN 2599-1124

[img] Text
1599

Download (30kB)

Abstract

Media audio siniar bisa dijadikan sebuah media pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan menyimak siswa dalam memahami sebuah materi pembelajaran juga untuk menarik minat siswa dalam kegiatan menyimak. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan media audio siniar terhadap kemampuan menyimak cerita inspiratif pada siswa kelas IX C di SMPN 13 Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Selanjutnya jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu jenis eksperimen. Metode penelitian eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design yang mana nanti siswa akan diberikan sebuah tes pretest-posttest. Penggunaan media audio siniar untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dapat dilihat dengan memberikan tes pretes-posttest. Pretest tes yang diberikan kepada siswa kelas IX C sebelum menggunakan media audio siniar sedangkan posttest adalah tes yang diberikan kepada siswa IX C setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media audio siniar. Sehingga setelah tes pretest-posttest didapatkan sebuah nilai rata-rata dari tes pretest yaitu 61.14 sedangkan untuk nilai posttest mendapat nilai rata-rata 88.43. Selanjutnya dilakukan uji N-gain untuk melihat selisih atau peningkatan nilai dari tes pretest-posttest dan hasil dari nilai N-gain yaitu 0.7181 dengan kriteria tinggi. Sedangkan untuk nilai probabilitis mendapatkan hasil 0.00 < 0.05 sehingga nilai H0 ditolak. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio siniar berpengaruh terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IX C SMPN 13 Sukabumi dengan selisih peningkatan nilai N-gain 0.7181 dan nhasil nilai probabilitis 0.00<0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Audio Siniar, Kemampuan Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:31
Last Modified: 09 Jan 2023 07:31
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2912

Actions (login required)

View Item View Item