PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI MTsS ASSHOHIBIYAH

Sugiandi, Asep and Imswatama, Aritsya and Setiani, Ana (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI MTsS ASSHOHIBIYAH. utile: Jurnal Kependidikan, 8 (2). pp. 72-81. ISSN 2599-1124

[img] Text
1661

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada materi bangu ruang sisi datar mengalami peningkatan atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one-grup Pretest-Posttest design dengan populasi penelitian yang digunakan adalah siswa dan siswi kelas VIII di MTsS Asshohibiyah. Sampel penelitian yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrument test dan non test yang berbentuk soal uraian dan dokumentasi. Berdasalkan hasil nilai pretest dan posttest yang dihitung menggunakan N-gain dengan hasil kriteria tinggi maka terdapat peningkatan kemamapuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada materi bangu ruang sisi datar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:19
Last Modified: 09 Jan 2023 02:19
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item