Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang harus dimiliki peserta didik. Dalam belajar matematika peserta didik sering kali mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari disposisi matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yang masing-masing diambil dari hasil angket disposisi matematis pada kategori tinggi, sedang, dan rendah Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. hasil penelitian ini, yaitu: 1) siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, 2) siswa yang memiliki disposisi matematis sedang berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori sedang, 3) siswa yang memiliki disposisi matematis rendah berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori rendah.
References
Adhar, E. L. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf
Andriatna, R. (2021). Disposisi Matematik Guru Matematika pada Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 91–104. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1015
Rosita, N. T., & Yuliawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 2(1), 123–128.
Hajar, Y., & Sari, A. T. V. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK Ditinjau Dari Disposisi Matematis. 4, 120–131.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Dwianjani, N. K. V., & Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 153. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.276
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(80), 555–564.
Hamdiah, M. T., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Disposisi Matematik Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika di MTsN. 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 373–379.
Islamiati, N., Lapele, D. A., & Sari, B. P. (2021). Mathematical Problem Solving Ability in terms of Mathematical Disposition on the Application of Group Investigation (GI) Learning Models. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 29–37. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.12205
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan Abad 21. Seminar Nasional Pascasarjana, 21(2), 702.
Mayratih, G. E., Leton, S. I., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.97
Muflihatusubriyah, U., Utomo, R. B., & Saputra, N. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 49. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.9936
Muhammad Daud Siagian. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2, 58–67.
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018. OECD, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86
Pratiwi, R. M. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Ditinjau Dari Tingkat Kecerdasan Intelektual. 4, 79–90. http://repository.upi.edu/54235/
Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028
Simanjuntak, T. D. L., Lubis, A., & Mulyono, M. (2018). Analisis Disposisi Matematis Dalam Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–5. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22891
Zulfitri, H., & Aisyah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Setelah Pembelajaran dengan Pendekatan MEAs pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. 1, 7–13.

Copyright (c) 2022 Getari Ratna Pertiwi, Yanti Mulyanti, Pujia Siti Balkist

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.