EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN POE DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Rahmawati, Ida and Setiani, Ana and Lukman, Hamidah Suryani (2022) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN POE DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. PRISMA, 11 (2). pp. 320-328. ISSN 2614-4611

[img] Text
2342

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dengan pendekatan Metaphorical Thinking, model pembelajaran POE (Predict Observe Explain), dan model pembelajaran konvensional 5M Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XII SMK YASPIM yang berjumlah 134 siswa dan tiga kelas sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tiga butir soal kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi statistika dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang memperoleh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dengan pendekatan metaphorical thinking lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain), dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang memperoleh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dengan pendekatan Metaphorical Thinking lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional 5M Kurikulum 2013.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir tingkat tinggi; model pembelajaran predict observe explain; pendekatan metaphorical thinking
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:02
Last Modified: 09 Jan 2023 02:11
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item