Nurtoyyibah, Rida and Mulyanti, Yanti and Balkist, Pujia Siti (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS MENGGUNAKAN SOAL CERITA ISLAMI. PRISMA, 11 (2). pp. 424-435. ISSN 2614-4611
Text
2438 Download (32kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan soal cerita islami. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 3 orang siswa kelas VII-B Mts Tarbiyatul Falah yang berada di Selabintana dan sudah mempelajari materi perbandingan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri dan didukung instrumen tes satu butir soal uraian dan wawancara. Soal uraian tersebut akan mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan indikator pemecahan masalah menurut Polya dan didukung kesimpulan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi mampu memenuhi keempat tahapan polya dalam menyelesaikan soal cerita islami, yaitu: memahami masalah, menyusun rencana, menyelesaikan perencanaan, dan memeriksa kembali. (2) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang mampu memenuhi ketiga tahapan polya dalam menyelesaikan soal cerita islami, yaitu: memahami masalah, menyelesaikan perencanaan, dan memeriksa kembali. (3) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah mampu memenuhi kedua tahapan polya dalam menyelesaikan soal cerita islami, yaitu: memahami masalah dan menyelesaikan perencanaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah; soal cerita islami |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 03:19 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 03:19 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2889 |
Actions (login required)
View Item |