ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTS PLUS AS-SA’IDAH PADA MATERI ALJABAR

Fitria, Riska and Imswatama, Aritsya and Balkist, Pujia Siti (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTS PLUS AS-SA’IDAH PADA MATERI ALJABAR. PRISMA, 11 (2). pp. 457-466. ISSN 2614-4611

[img] Text
2451

Download (30kB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan materi aljabar. Penelitian ini dilakukan di MTs Plus As-Sa’idah kelas VII J melibatkan 20 orang siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen terdiri dari soal pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan uji intrumen tes. Tes yang dikerjakan oleh siswa diberikan penilaian disetiap indikator untuk mengetahui bahwa siswa tergolong dalam kategori kemampuan pemahaman konsep tinggi, rendah dan sedang. Ada 7 indikator yang akan tes kepada siswa yaitu: (1) Menyatakan ulang sebuah konsep, (2) Mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, (3) Memberikan contoh dan noncontoh dari suatu konsep, (4) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, (5) Mengembangkan syarat perlu/syarat cukup dari suatu konsep, (6) Menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, (7) Mengaplikasikan konsep/algoritma ke pemecahan masalah. Setiap indikatornya mewakili satu soal. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa subjek S10 dan S3 memiliki kemampuan pemahaman konsep tinggi dan S1 memiliki kemampuan pemahaman konsep rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aljabar; konsep; pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:09
Last Modified: 06 Jan 2023 03:09
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item View Item