PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Faridi, Ruliah Ami and Nurcahyono, Novi Andri and Imswatama, Aritsya (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. utile: Jurnal Kependidikan, 8 (2). pp. 88-99. ISSN 2599-1124

[img] Text
1645

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP dengan kategori valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitan dilakukan kepada 30 siswa kelas VII MTs. Darussa’adah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi oleh ahli materi dan evaluasi pembelarajan untuk mengetahui validitas LKS berbasis POE, angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan LKS berbasis POE serta lembar pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan LKS berbasis POE. Hasil penelitian diperoleh (1) Validasi oleh ahli materi dan evaluasi pembelajaran menyatakan LKS berbasis POE termasuk dalam kategori Sangat Valid dan layak diuji coba. (2) Berdasarkan hasil analisis N-Gain mendapatkan persentase 71,327 % dan analisis ketuntasan belajar klasikal sebesar 80 % menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa. (3) Berdasarkan angket respon siswa dihasilkan respon bahwa LKS berbasis POE masuk dalam kategori Praktis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), ADDIE, POE, Kemampuan Pemahaman Konsep matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:02
Last Modified: 06 Jan 2023 03:02
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item View Item