IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) MELALUI BUDAYA KELAS DI SEKOLAH DASAR

Kurniawati, Resa and Amalia, Arsyi Rizqia and Khaleda, Irna (2022) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) MELALUI BUDAYA KELAS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 6 (5). pp. 8304-8313. ISSN 2580-1147

[img] Text
3719

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui budaya kelas di SDN 3 Sagaranten Kabupaten Sukabumi, 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat keberhasilan program penguatan pendidikan karakter melalui budaya kelas di SDN 3 Sagaranten Kabupaten Sukabumi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan : Upaya implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Kelas di SDN 3 Sagaranten Kabupaten Sukabumi dilaksanakan dengan mengacu kedalam visi misi dan tujuan sekolah, tata tertib kelas, Rancangan Perencanaan Pembelajaran, Pengaturan Ruangan Kelas, Pengelolaan Kerja Peserta Didik, Pembiasaan sebelum dan sesudah pembelajaran. Dalam implementasinya memiliki factor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung PPK diantaranya guru memiliki karakter yang patut dijadikan suri tauladan, sarana dan prasarana PPK di kelas yang memadai, kerjasama antara guru dengan guru dan kepala sekolah yang baik. Faktor penghambat PPK diantaranya peran orang tua siswa yang acuh tak acuh dengan program, beberapa guru belum memahami kurikulum 13, beberapa siswa kurang memiliki kedekatan dengan orangtua.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter, Budaya Kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:23
Last Modified: 19 Dec 2022 03:23
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item