ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR

Safarida, Rahma Sani and Sutisnawati, Astri and Uswatun, Din Azwar (2022) ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 6 (4). pp. 7466-7473. ISSN 2580-1147

[img] Text
3469

Download (29kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Seberapa sulit siswa belajar membaca pada mata pelajaran tematik kelas III SDN Sindangsari 2) Apa saja faktor yang menyebabkan siswa kesulitan membaca pada mata pelajaran tematik kelas 3 SDN Sindangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, eksperimen dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas 3 SD Sindangsari berjalan dengan baik dan faktor-faktor penyebab terjadinya disleksia (disleksia) pada siswa antara lain faktor intrinsik dalam diri anak itu sendiri maupun faktor eksternal di luar diri anak. 2.) Upaya penanggulangan disleksia (disleksia) di kelas 3 SD Sindangsari yaitu dengan memberikan bimbingan belajar tambahan di luar jam sekolah dan menggunakan berbagai metode. 3.) Hambatan mengatasi disleksia (disleksia) di kelas 3 SD Sindangsari adalah pekerjaan orang tua, sehingga kurangnya waktu untuk mendampingi anak dalam belajar, menyebabkan siswa memiliki motivasi belajar yang sangat rendah, khususnya membaca. Ketidakmampuan sekolah untuk melacak siswa individu dan kelas terbatas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesulitan membaca, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:10
Last Modified: 19 Dec 2022 03:10
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item