Penerapan Media Pembelajaran Takbar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

  • Novianti Novianti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arsyi Rizqia Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Motivasi belajar, Matematika, Media Pembelajaran Takbar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika yang masih rendah. Permasalahan ini disebabkan kurangnya penggunaan media pelajaran karena keterbatasan alat untuk membuat media dan kondisi sekolah berada di wilayah 3T. Guru mengajar hanya memberikan penjelasan dengan memanfaatkan papan tulis dan buku paket. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media takbar dalam pelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu pada kelas IV SDN Tegalbuleud tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah partisipan 10 siswa, terdiri dari 4 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 62,04 kategori cukup, pada siklus I meningkat menjadi 76,96 kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,67 kategori sangat baik. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran takbar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di SDN Rambay Kecamatan Tegalbuleud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. 4(2), 209–216.

Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 134–143. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.173

Bishara, S. (2018). Active and traditional teaching, self-image, and motivation in learning math among pupils with learning disabilities. Cogent Education, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1436123

Ferryka, Z. (2017). Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 29(100). https://doi.org/10.31227/osf.io/8bwg3

Ikin, Asep, S., & Akbar, P. (2019). Efektivitas Penerapan Strategi React Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 423–430.

Imaliyah, Ayu, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Ips Di Smp Muhammadiyah 15 Lamongan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(2), 101. https://doi.org/10.18860/jpips.v4i2.7314

Kemmis, S., & Mc. Taggart, R. (1988). The action researcher planner. Victoria, Australia: Deakin University Press.

Khodijah, S., Dewi, D., & Chotimah, S. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Basic Application (VBA) Microsoft Excel Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VII Pada Materi FPB dan KPK. Journal On Education, 02(01), 117–125.

Langit, Sekar, D., Slameto, & Setyaningtyas, Widyanti, E. (2018). Peningkatan
Motivasi Belajar Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas Iv. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 280. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.371

Malalina. (2017). Media Ular Tangga Segitiga Pada Materi Luas Dan Keliling Segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.18

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 253–260.

Mayangsari, S., & Wisnuwardhana, L. (2019). CHARACTERISTICS OF LEARNING MEDIA THAT MOTIVATE LEARNERS. Europan Journal of Research in Social Sciance, 7(1), 56–64.

Pane, D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian (H. Dkk, ed.). ALFABETA Cv.

Rizqo, N., Mansur, H., & Mastur. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology J-INSTECH, 1(1), 36–43.

Romlah, S., Nugraha, N., Nurjanah, S., & Setiawan, W. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Albarokah 448 Bandung Dengan Menggunakan Media ICT Berbasis For VBA Excel pada Materi Garis Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 220–226.

Sadiman, & Arif dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Rosada.

Safitri, M., & Koeswanti, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “Kelas BANGTAR” untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989–1002. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.580

Sesfaot, L., Bien, Y. I., & Abi, A. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 454–460.

Sudiran, S. (2017). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Tanggerang: Tira Smart.

Wahyuningsih, D., & Setyadi, D. (2019). Penerapan Media Board Game Zathura Mathematics Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Belajar Matematika. Journal On Education, 02(01), 9–13.
Published
2022-05-24
How to Cite
Novianti, N., Maula, L., & Amalia, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Takbar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1682-1693. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1407
Share |