Novianti, Novianti and Maula, Luthfi Hamdani and Amalia, Arsyi Rizqia (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TAKBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2). pp. 1682-1693. ISSN 2579-9258
Text
1407 Download (44kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika yang masih rendah. Permasalahan ini disebabkan kurangnya penggunaan media pelajaran karena keterbatasan alat untuk membuat media dan kondisi sekolah berada di wilayah 3T. Guru mengajar hanya memberikan penjelasan dengan memanfaatkan papan tulis dan buku paket. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media takbar dalam pelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu pada kelas IV SDN Tegalbuleud tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah partisipan 10 siswa, terdiri dari 4 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 62,04 kategori cukup, pada siklus I meningkat menjadi 76,96 kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,67 kategori sangat baik. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran takbar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di SDN Rambay Kecamatan Tegalbuleud.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Matematika, Media Pembelajaran Takbar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 03:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 03:06 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2857 |
Actions (login required)
View Item |