PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nida Winarti Universitas Muhammadyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arsyi Rizqia Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • N. Liany Ariesta Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nandang Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Keywords:

Project Based Learning, Berpikir Kritis, Kelas Rendah

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang cenderung monoton tanpa memperhatikan partisipasi aktif siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Partisipan kelas III SD Negeri Rambay yang berjumlah 8 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi serta soal tes tertulis.Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif deskrptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa selama dilakukan penelitian. Hal tersebut sejalan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis yang mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran project based learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru.

Azizah, & Naniek. (2018). Konsep Belajar Menggunakan Model Project Based Learning. 36–51.

Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar IslamJurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50.

Donaviza, M. F., & Eliyasni, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 197–205. https://doi.org/10.24036/8851412422020230

Fahrezi, I. … Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Fitri, H. … Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Fuadah, K. … Ibrohim. (2016). Project Based Learning Bersumber Belajar Potensi Lingkungan Lokal Terhadap Pemahaman Konsep, Keterampilan Ilmiah, dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 10–16.

Guo, P. … Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(April), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hapsari, D. I. … Satya, K. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Implementation of Project Based Learnng To Improve Mathematics Learning Motivation the. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar IslamJurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154–161.

Hasanah, N. … Rokhimawan, M. A. (2020). Profesionalisme Guru Menanamkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Ipa Pada Siswa Kelas V Mi Ma’Arif Bego. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a1.2020

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khoerunnisa, P. … Tangerang, U. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. 4, 1–27.

Mäkiö-Marusik, E. … Pechmann, A. (2019). Concept and case study for teaching and learning industrial digitalization. Procedia Manufacturing, 31, 97–102. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.03.016

Mujiyono. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnig sebagai upaya Meningkatkan Kemampuan berikir Kritis Siswa SDN 3 Makarti Jaya. 2, 156–159.

Natty, R. A. … Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Normadhita, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa kelas IV Pada Pembeajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Di SDN Tegalrejo 2. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, (3), 9.

Pratiwi, C. D. … Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Mind Map Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Guru Kita (JGK), 2(3), 116–125.

Rabudin. (2020). Teknik dan Alat Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas - PTK.

Rahayu, R. D. Y. … Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20

Restiaji, D. (2021). Profil Dan Level Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Yang Berkaitan Dengan Luas Dan Keliling Bangun Datar : Studi Kasus dengan Perspektif Grounded Theory tentang Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ridho, S. … Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194

Saadati, B. A. … Barat, N. T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Induktif Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia The Implementation of Visual Word Inductive Learning Model to Improve Interest Reading in Indonesian Lenguage. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 105–114.

Susanti, E. … Makiyah, Y. S. (2021). Analysis of problem-solving ability of physics education students in STEM-based project based learning. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012005

Susanti, Evi. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.34289/285232

Unaenah, E., & Rahmah, N. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1319

Yulianto, A. … K. (2017). Pembelajaran Projekct Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.

Yusmanto, H. (2017). Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperaif carousel feedback dan round table (studi pada SMPS Islam Terpadu Darul Azhar Kabupaten Aceh Tenggara).

Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, (Desember), 1–17.

Downloads

Published

2022-07-11

How to Cite

Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Issue

Section

Articles