MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA

Wibowo, Nasya Zuhdiya and Lyesmaya, Dyah and Nurasiah, Iis (2022) MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA. Jurnal Basicedu, 6 (3). pp. 3792-3800. ISSN 2580-1147

[img] Text
2732

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa, jenis penelitian ini yaitu Action Research dengan desain model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir partisipan dalam penelitian ini siswa kelas 4 di SDN Curug Luhur kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2021-2022, dengan sampel 14 orang. Instrument penelitian yang digunakan wawancara, lembar observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian pada sikap tanggung jawab siswa memperoleh ketuntasan angket dengan hasil 79% kategori kuat pada prasiklus. pada siklus 1 meningkat memperoleh hasil 80 % kategori sangat kuat. pada siklus II menunjukan sikap tanggung siswa meningkat dengan hasil 86 % keterangan sangat kuat. hasil observasi guru saat mengajar yang dilakukan sebanyal 4 kali dengan hasil rata – rata siklus I, 71 kategori baik dan siklus II, 83 kategori baik sekali. hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan hasil 59 kategori kurang , dilanjutkan siklus 1 pertemuan II meningkat 65 kategori cukup, pada siklus 2 hasil meningkat 84 kategori baik sekali, dilanjutkan pada siklus 2 pertemuan 1 meningkat 88 kategori sangat baik. bedasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa sikap tanggung jawab dapat meningkat menggunakan model pembelajaran VCT.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap tanggung jawab, Model Pembelajaran VCT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:43
Last Modified: 19 Dec 2022 02:43
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item