ANALISIS SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Wiguna, Maylindra Berliana and Sutisnawati, Astri and Uswatun, Din Azwar (2022) ANALISIS SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (3). pp. 2489-2497. ISSN 2579-9258

[img] Text
1603

Download (44kB)

Abstract

Self-efficacy merupakan pengaruh kuat yang menunjukan rasa percaya diri peserta didik, dimana keefektifan self- efficacy pada murid-murid sekolah dasar dalam menyelesaikan permasalahan pada pembelajaran matematika dapat dilihat dari hasil yang di dapatkan ketika self-efficacy tersebut baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat percaya diri atau keyakinan peserta didik terhadap kemampuan yang mereka miliki ditinjau dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 sekolah dasar. Pemilihan subjek ini didasarkan pada kriteria yang pas dan cukup stabil dalam menyikapi rasa percaya diri di tingkat sekolah dasar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, siswa di berikan angket dengan 15 ungkapan ekspresi yang di bimbing langsung dalam pengisian nya oleh peneliti. Pengisian angket di iringi dengan wawancara untuk mengetahui lebih jauh keyakinan diri peserta didik. Hasil dari analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwasanya terdapat peserta didik dengan beberapa kriteria yang dihasilkan berupa, seberapa besar peserta didik menganggap tingkat kesukaran tugas yang sedang di hadapi siswa, rasa kemampuan yang di miliki siswa ketika berhadapan dengan permasalahan matematika dan mengetahui seberapa besar siswa merasa percaya diri dengan kemampuan nya. Hasil dari analisis dalam penelitian ini menunjukan seberapa besar kepercayaan diri peserta didik sebagaimana di jelaskan di bagian hasil dari penelitian ini ketika dihadapkan dengan permasalahan matematika, siswa tidak akan mudah menyerah atau menghindari tugas yang diberikan oleh guru jika mereka sudah berusaha keras dan tugas itu sulit untuk diselesaikan, baru mereka mungkin menyerah jika tugas itu terlalu sulit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:39
Last Modified: 19 Dec 2022 02:39
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item