ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR WAYANG SUKURAGA DI KELAS RENDAH

Dewi, Kamalia Siska and Uswatun, Din Azwar and Sutisnawati, Astri and Sudarjat, Ajat and Suhenda Winara, Jhon Sukarja (2022) ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR WAYANG SUKURAGA DI KELAS RENDAH. Jurnal Basicedu, 6 (5). pp. 7664-7673. ISSN 2580-1147

[img] Text
Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter gemar membaca siswa dalam pembelajaran ketika menggunakan buku cerita bergambar wayang sukuraga serta mengetahui keunggulan dan kekurangan buku cerita bergambar wayang sukuraga dalam pembentukan karakter gemar membaca siswa di kelas rendah. Penelitian ini dilakukan di kelas III Sekolah Dasar Negeri Cidolog. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pembentukan karakter gemar membaca siswa menggunakan buku cerita bergambar di kelas rendah menunjukan kategori yang sangat setuju. buku cerita bergambar wayang sukuraga ini sangat membantu pembentukan karakter gemar membaca siswa. Selain itu buku cerita bergambar wayang sukuraga juga merupankan salah satu media untuk memperkenalkan budaya kesenian lokal asli kota Sukabumi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter, Gemar Membaca, Cerita Bergamabar, Wayang Sukuraga.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:08
Last Modified: 16 Dec 2022 02:08
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2851

Actions (login required)

View Item View Item